Pendidikan & Kesehatan

Pandemi Covid-19, Jangan Terlalu Banyak Konsumsi Gula

Surabaya (beritajatim.com) – Ketua Program Studi (Kaprodi) S1 Gizi Fakultas Kesehatan (FKes) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) Rizki Nurmalya Kardina, S.Gz., M.Kes ingatkan masyarakat untuk kurangi konsumsi gula berlebih di tengah pandemi.

Rizki menjelaskan jika mengkonsumsi gula berlebih akan mempengaruhi imun dalam tubuh terlebih di tengah pandemi seperti saat ini. Penggunaan gula yang berlebih tidak.baik pada kesehatan tubuh.

“Tidak dipungkiri selama ini kita seperti tidak bisa lepas dengan gula, namun penggunaan gula yang berlebih dapat mempengaruhi kesehatan tubuh kita sendiri,” Ucap Rizki saat menjadi narasumber talkshow di Beritajatim TV, Rabu (30/12).

Dalam penggunaan gula sendiri, Rizki menyarankan takaran untuk menggunakan gula hanya empat sendok makan setiap harinya. “Karena jika berlebihan akan mempengaruhi kesehatan serta menurunkan imun dalam tubuh kita,” jelas Rizki.

Ditengah pandemi ini jiga, Rizki menjelaskan jika mengkonsumsi buah dan sayur sangat baik dikonsumsi. “Dimana buah dan sayur mengandung vitamin yang cukup bagi tubuh,” ucapnya.

Namun, Rizki mengingatkan jika penderita sakit asam urat jangan mengkonsumsi kangkung. “Selain itu semuanya sehat untuk meningkatkan imun pada tubuh kita di tengah pandemi dan musim penghujan saat ini,” ucap Rizki.

Rizki menjelaskan mengkonsumsi jahe juga cukup bagus untuk meningkatkan imun dalam tubuh. Dimana jahe memiliki vitamin A yang cukup bagus bagi tubuh. “Namun konsumsi jahe ini usahakan tidak menggunakan gula karena kalau pakai gula akan sama saja kurang begitu bagus buat tubuh,” bebernya.

Selain mengurangi konsumsi gula, Rizki mengingatkan untuk tetap memerhatikan 3M. Terdiri dari mencuci tangan, menjaga jarak, memakai masker. [but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar