Pendidikan & Kesehatan

Pandemi Belum Usai, Direktur RSUD Jombang Ingatkan 3M

Direktur RSUD Jombang dr Pudji Umbaran

Jombang (beritajatim.com) – Direktur RSUD Jombang dr Pudji Umbaran mengingatkan kepada masyarakat bahwa pandemi Covid-19 belum usai. Untuk itu, masyarakat diminta jangan kendor dalam menerapkan protokol kesehatan. Karena hal itulah yang bisa memutus rantai penyebaran Covid-19.

“Memang, tren Covid-19 di Jombang sudah melandai. Namun buka berarti pandemi Covid-19 sudah usai. Masyarakat jangan sampai lengah. Di manapun berada harus menerapkan protokol kesehatan secara ketat,” kata Direktur RSUD Jombang memberikan imbauan ke masyarakat.

Pudji juga membeberkan tentang pentingnya 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan). Menurutnya, di manapun, bertemu dengan siapapun, masker harus dipakai secara tepat. Masker harus benar-benar menutup hidung dan mulut.

“Dengan memakai masker, kita bisa saling melindungi. Karena penularan Covid itu salah satunya lewat droplet (percikan). Kemudian kedua, menghindari kerumunan dan menjaga jarak. Itu wajib. Ketiga mencuci tangan dengan sabun. Jika tiga hal itu kita lakukan secara disiplin, maka penularan Covid bisa kita cegah,” ujarnya.

Sementara itu, hingga Senin (2/11/2020) pukul 15.00 WIB, ada penambahan 10 pasien positif Covid di Jombang. Dengan begitu jumlah kumulatif positif Covid-19 sebanyak 1.193 orang. Dari jumlah tersebut, 997 orang dinyatakan sembuh, 88 orang masih dirawat, dan 108 orang meninggal.

Sedangkan di internal (pegawai) RSUD Jombang terdapat 15 orang yang terpapar Covid-19. Belasan karyawan tersebut tertular virus dari luar. Dari 15 orang itu, satu tenaga kesehatan(nakes) berinisial KS meninggal kemarin, kemudian satu tenaga administrasi masih menjalani isolasi di rumah sakit, dan 13 lainnya sudah sembuh. [suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar