Pendidikan & Kesehatan

Pandemi, 549 Peserta UTBK SBMPTN di Unej Absen

Jember (beritajatim.com) – Jumlah peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahap pertama di Universitas Jember, Kabupaten Jember, Jawa Timur, tahun ini yang absen sebanyak 549 orang.

UTBK SBMPTN tahap pertama digelar pada 5 – 14 Juli 2020. Terdaftar ada 6.827 peserta yang berhak menjadi peserta. Namun, kendati ada 549 peserta yang absen, Kepala Sub Bagian Humas Universitas Jember Rokhmad Hidayanto mengatakan, tingkat kehadiran masih terbilang cukup tinggi pada masa pandemi Covid-19.

Kondisi ini juga dialami Pusat UTBK di lokasi lain. Secara nasional, tingkat kehadiran peserta UTBK SBMPTN tahap pertama mencapai 93 persen. Lebih tinggi dari tingkat kehadiran UTBK SBMPTN 2019 yang hanya mencapai 88 persen,” kata Hidayanto, sebagaimana dilansir Humas dan Protokoler Unej, Kamis (16/7/2020).

Sebanyak 51 peserta di Pusat UTBK Universitas Jember mengajukan pindah jadwal, dari tahap pertama ke tahap kedua. Mereka adalah peserta yang memiliki hasil rapid test reaktif, sedang sakit, atau terkena Covid-19. “Namun kami pastikan tidak ada peserta UTBK SBMPTN tahap pertama asal Jember yang positif menderita Covid-19,” kata Hidayanto.

Rencananya, UTBK SBMPTN tahap kedua digelar pada 20 – 29 Juli 2020. Hidayanto mengingatkan bahwa semua peserta UTBK SBMPTN tahap kedua di Universitas Jember wajib membawa hasil rapid test sesuai arahan dari Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Jember dan surat edaran LTMPT nomor 18 dan 19 tahun 2020. “Silakan memanfaatkan fasilitas rapid test gratis yang disediakan oleh masing-masing pemerintah kabupaten dan kota,” katanya. [wir/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar