Pendidikan & Kesehatan

Pandawa, Jenis Layanan Baru BPJS Kesehatan Pamekasan

Kabid Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Pamekasan, Agung Kurniawan (depan) saat sosialisasikan program layanan Pandawa di Auditorium Hotel Odaita Jl Raya Sumenep, Pamekasan, Rabu (23/9/2020).

Pamekasan (beritajatim.com) – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Pamekasan, menerapkan pola layanan baru berupa Pelayanan Administrasi Melalui WhatsApp (Pandawa), sebagai upaya meminimalisir kontak fisik di tengah pandemi Covid-19.

Hal tersebut disampaikan Kabid Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Pamekasan, Agung Kurniawan dalam kegiatan sosialisasi program layanan Pandawa yang digelar BPJS Kesehatan Cabang Pamekasan, di Auditorium Hotel Odaita Jl Raya Sumenep, Rabu (23/9/2020).

“Melalui kegiatan ini kmi sampaikan bahwa demi kenyamanan bersama dan meminimalisir kontak fisik, maka pelayanan saat ini kami lakukan dengan tanpa tatap muka, yaitu melakukan program Pandawa BPJS Kesehatan Pamekasan,” kata Agung Kurniawan.

Program Pandawa tersebut dilakukan dengan cara konfirmasi langsung melalui nomor WA ( 0821-5286-1930) yang membuka pelayanan selama hari kerja, yakni mulai pukul 8:00 hingga 15:00 WIB. “Jadi melalui program ini, peserta tidak harus datang ke kantor, tetapi tetap dilayani,” unykapnya.

“Sebab dengan adanya program Pandawa ini, nantinya peserta dapat dilayani petugas kami melalui WA (WhatsApp). Sementara untuk kartu nantinya akan kami kirimkan melalui jasa layanan pengiriman (seperti pos dan lainnya),” sambung pria yang akrab disapa Pak Agung.

Program Pandawa tersebut juga melayani jenis peserta berbeda. Di antaranya pengurangan anggota keluarga, perubahan puskesmas/dokter/klinik, perubahan kelas rawat, perubahan identitas, cetak dan kirim kartu, pendaftaran peserta mandiri baru, perubahan data PNS, TNI-Polri, pengaktifan kartu Anak PPU dibawah usia 21 tahun hingga pendaftaran bayi baru lahir (BBL).

Tidak hanya itu, pelayanan administrasi pemberian informasi dan penanganan pengaduan juga dapat dilayani melalui kanal layanan lainnya. “Jadi untuk layanan informasi, kami juga menggunakan jenis layanan lainnya. Seperti Aplikasi Mobile JKN hingga BPJS Kesehatan Care Centre,” jelasnya.

“Tidak hanya itu, jenis pelayanan lainnya juga bisa menggunakan melalui aplikasi layanan Chika (Chat Asistant JKN) hingga layanan Vika (Voice Interctive). Prinsinya semuanya kami terapkan dalam rangka untuk memberikan kemudahan layanan kepada masyarakat,” pungkasnya. [pin/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar