Pendidikan & Kesehatan

Paket Sembako Terdampak Covid-19 Mulai Didistribusikan di Bojonegoro

Bojonegoro (beritajatim.com) – Paket sembako bagi warga yang terdampak virus corona atau Covid-19 dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro mulai didistribusikan. Pendistribusian dilakukan bekerjasama dengan Kodim 0813.

Pasiter Kodim 0813 Bojonegoro Kapten Inf Surahmat, mengatakan bahwa anggota Bintara Pembina Desa (Babinsa) jajaran Kodim 0813 Bojonegoro di seluruh wilayah turut mengawal dalam pendistribusian paket sembako tersebut.

“Pengawalan pendistribusian paket sembako gelombang pertama untuk sembilan kecamatan. Sebanyak 23.097 paket sembako,” ujarnya, Rabu (22/4/2020).

Pengawalan proses penyaluran bantuan sembako tersebut, dilaksanakan oleh anggota TNI yang juga masuk dalam tim gugus tugas covid-19 langsung ke masing-masing penerima bantuan.

“Kita seluruh anggota Kodim 0813, Polres Bojonegoro dan instansi yang lain secara bersama-sama dan semangat gotong-royong berusaha mengatasi wabah covid-19, mohon doanya semoga wabah ini segera tuntas agar kehidupan bermasyarakat kembali normal,” pungkasnya.

Paket sembako di berikan kepada warga terdampak ini meliputi beras 3 kg, minyak goreng 1 liter, gula pasir 1 kg dan 10 bungkus mie instant.

Salah satu desa yang sudah medistribusikan paket sembako tersebut, diataranya Desa Sambiroto, Kecamatan Kapas.Pemdes Sambiroto mulai membagikan bantuan dari Dinas Sosial setempat berupa Sembilan Bahan Pokok (Sembako) kepada 250 Kepala Keluarga (KK).

“Penerima bantuan kali ini belum pernah mendapat sembako atau bantuan lainnya baik dari pemerintah pusat maupun daerah,” kata Kepala Desa Sambiroto, Gunawan.

Menurut Gunawan, untuk penanganan Covid-19, Pemdes Sambiroto menyiapkan anggaran sebesar Rp 140 juta dari Alokasi Dana Desa (ADD), sedangkan dari Dana Desa (DD) masih menunggu petunjuk tekhnis dari Kecamatan.

Kades yang baru saja dilantik tersebut mengaku, pasca disumpah dua hari yang lalu, bersama perangkat desa langsung melakukan aksi seperti pembagian masker, penyemprotan disinfektan, dan pembagian bak air untuk cuci tangan dimasing-masing rumah.

Sementara Lilik Indrawati, warga RT 14 RW 3, mengaku sangat terbantu dengan adanya bantuan tersebut. Apalagi, sang suami yang hanya kerja serabutan kini harus menganggur dirumah karena tidak ada pekerjaan yang bisa dilakukan.

“Hanya mengandalkan tabungan, semoga cukup untuk makan sampai kondisi membaik,” pungkas ibu satu anak ini.

Sementara Camat Sekar, Edy Subroto mengatakan pembagian paket sembako bagi warga yang terdampak Covid-19 di wilayahnya sebanyak enam desa sebanyak Desa Bobol, 500 paket, Desa Bareng 500 paet, Desa Miyono 250 paket, Desa Sekar 250 paket, Desa Deling 250 paket dan Desa Klino 250 paket.

“Semua sudah didistribusikan kepada yang berhak menerima bantuan akibat dampak wabah corona,” pungkasnya. [lus/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar