Pendidikan & Kesehatan

Pakar Unair Dukung Perpanjangan PPKM hingga Penerapan Jam Malam

Surabaya (beritajatim.com) – Pakar Kesehatan Masyarakat asal UNAIR Laura Navika mendukung keputusan pemerintah pusat untuk memperpanjang penerapan PPKM hingga tanggal 8 Februari 2021. Menurutnya hal itu bisa membantu menurunkan tingkat pertambahan pasien COVID-19 di setiap harinya.

“Artinya, dengan PPKM diperpanjang, maka diharapkan bisa mengurangi aktifitas masyarakat sehingga bisa secara langsung menekan laju penyebaran COVID-19,” kata Laura.

Lebih lanjut, Ia turut mengapresiasi langkah Pemerintah Kota dan Polrestabes Surabaya yang melakukan penutupan Jalan Darmo dan Tunjungan di akhir pekan mulai pukul 20.00 WIB. “Ini kan juga bagian dari mengurangi aktifitas masyarakat yang biasanya di jalanan itu di akhir pekan sangat padat. Sehingga, sekali lagi, bisa mengurangi laju penyebaran COVID-19,” jelasnya.

Penerapan jam malam pun, menurut Laura sangat bisa dipahami dan boleh dibilang efektif untuk menekan laju penyebaran virus yang menjadi penyebab pandemi global dalam satu tahun terakhir ini. “Karena malam hari itu kan orang lebih cenderung akan berkumpul seusai bekerja. Dengan begini (diberi jam malam) kan otomatis potensi kerumunan bisa ditekan,” ujarnya.

“Kalau kita bicara virus infulenza atau flu, dia memang lebih ganas di suhu yang dingin. Makanya kalau di eropa, suntik vaksin flu itu wajib. Tapi kalau di negara tropis, di tengah musim penghujan di mana suhu menurun ini kalau malam memang sangat mungkin ada peningkatan untuk virusnya. Tapi, sekali lagi, yang paling penting adalah virus ini butuh host, atau orang untuk berkembang biak dan menyebar. Kalau kerumunannya hilang kan juga aman,” pungkas Laura.

Pernyataan Laura ini lebih memberikan pesan kepada Pemerintah Daerah untuk lebih peka dengan kebijakan yang mitigatif terhadap penanganan Corona, walaupun banyak konskwensi yang harus diambil dalam menjalankan kebijakan. [ifw/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar