Pendidikan & Kesehatan

Pakar dan Praktisi Bisnis Online Berbagi Tips Bersama Santri

Salah satu Pakar dan Praktisi Bisnis Online, Ahmad Saiful Rizal (berdiri) berbagi tips bersama santri putri dalam Ngaji Ekonomi Online, Senin (14/1/2019).

Pamekasan (beritajatim.com) – Salah satu Pakar dan Praktisi Bisnis Online, Ahmad Saiful Rizal memberikan tips berharga kepada para santri, alumni dan masyarakat dalam menjalankan bisnis melalui media daring.

Tips tersebut diberikan dalam program Ngaji Ekonomi Online dengan mengusung tema ‘Teknik-Teknik Komunikasi Pemasaran Online Shop’ dalam rangka Pekan Ngaji 4 Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata, di kompleks pesantren putri, Senin (14/1/2019).

“Marketing bukan hanya tentang berjualan saja, tapi juga sejarah yang harus diceritakan,” kata Ahmad Saiful Rizal, mengawali materi Ngaji Ekonomi Online di hadapan santri putri, alumni Pesantren Bata-Bata.

Tidak hanya itu, pihaknya juga menyampaikan berbagai tips mempuni dalam menjalankan bisnis online khususnya memasuki era disrupsi atau industri 4.0. “Era saat ini setidaknya ada tiga pokok teknik ekonomi online, meliputi prece list (keterangan harga), online (daring) dan relation (relasi),” ungkapnya.

Dalam perkembangan jual beli online semakin banyak istilah yang harus dipahami para pelaku usaha online shop, bahkan juga menuntut untuk terus belajar dan berkembang demi memajukan usaha, sekaligus menyamakan satu frekuensi dalam kegiatan berdagang di dunia online.

“Istilah jualan online harus dipahami oleh kedua belah pihak, yakni antara pembeli dan penjual online sehingga nanti bisa mendapatkan kata deal (sepakat). Istilah dalam online shop atau dalam perkembangan jual beli online sekarang semakin banyak, salah satunya price list,” jelasnya.

Keterangan harga sebagian besar juga sudah menerapkan pola melinial dan tentunya sesuai dengan perkembangan, semisal istilah K yang diartikan ribu, sis atau bro yang berarti sebutan umum untuk penjual atau pembeli online dan lainnya.

“Istilah lain semisal free sama dengan gratis, ongkir sama dengan ongkos kirim, nego tawar menawar harga, sold out sama dengan terjual habis, keep atau booking yang berarti disimpan atau dipisahkan sebelum pembayaran, available berarti tersedia, dan berbagai jenis istilah lainnya,” beber Saiful Rizal.

Dari itu pihaknya mengajak para santri, alumni dan masyarakat untuk memanfaatkan berbagai peluang sekecil apapun untuk melakukan usaha dan bisnis via online. “Jangan takut untuk berusaha, apalagi di era seperti saat ini yang menuntut kecepatan dan ketepatan untuk meraih sukses,” pungkasnya. [pin/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar