Pendidikan & Kesehatan

Lakukan Digital Movement

Ospek Maba UMSurabayaPecahkan Rekor MURI

Surabaya (beritajatim.com) – Masa Orientasi Mahasiswa Baru atau Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) atau yang biasa dikenal dengan sebutan MOX di Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMSurabaya) berlangsung berbeda.

Meski dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19, MOX UMSurabaya tidak ada perploncoan virtual melainkan diisi dengan kegiatan sosial secara massal. Bertajuk #Berbuatdarisini sebanyak 2016 mahasiswa baru seluruhnya, secara individual membagikan paket kesehatan kepada lansia yang terdampak pandemi Covid-19 di lingkungan sekitar rumah Maba.

Gerakkan yang disebut sebagai digital movement yang pada acara pengukuhan Maba ditampilkan sebagai kegiatan yang memecahkan rekor MURI (Nuseum Rekor Indonesia) dilaksanakan pada 5 Oktober 2020 secara daring.

Rektor UMSurabaya, Dr.dr.Sukadiono, MM. menjelaskan bahwa pemberian paket lansia berdaya merupakan bentuk aksi nyata dan bagian dari positive influence oleh Maba.

“Melalui gerakkan digital, kami berharap agar Maba UMSurabaya memiliki kepedulian dan kepekaan, serta menguatkan tradisi untuk mendapatkan Rekor MURI yang sudah kami dapatkan sejak 2018 melalui rekor penggunaan kacamata VR terbanyak, dan 2019 melalui peggunaan game terbanyak,” jelasnya.

Ketua Pelaksana MOX 2020, Idham Choliq, M.Kep menjelaskan, #BerbuatDariSini merupakan aksi filantropi bagi Maba.

“Pembagian paket lansia berdaya yang terdiri atas vitamin c, masker, hand sanitizer, dan buah-buahan. Pembagian paket tersebut dilakukan oleh 2.016 Maba dan diunggah di Instagram mahasiswa dalam bentuk foto/video mulai 22-29 September 2020. Akumulasi dilakukan berdasarkan hastag yang dituliskan oleh Maba melalui konten yang dibuat,” imbuhnya.

Pengukuhan Maba tersebut juga dihadiri Prof.Dr.H.Haedar Nashir,M.Si, selaku Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, serta Pendiri Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI), Jaya Suprana. Juga dihadiri oleh Jajaran Wakil Rektor, Kepala Biro/Lembaga, dan Dekanat di lingkungan UMSurabaya. [adg/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar