Pendidikan & Kesehatan

Operasi Yustisi Diklaim Efektif Tekan Angka Penularan Covid-19 di Bojonegoro

Bojonegoro (beritajatim.com) – Angka penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) di Kabupaten Bojonegoro masih terus mengalami penambahan baru. Namun, jumlah penambahan perhari tidak terlalu signifikan. Rata-rata dalam minggu belakangan ini penambahan perhari antara dua sampai tiga pasien.

Selain itu, juga beberapa pasien dinyatakan sembuh. Data dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bojonegoro menyebutkan, mulai seminggu yang lalu, sejak tanggal 22 September angka pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 41 orang.

Jumlah tersebut mulai mengalami penurunan dalam sepekan ini karena pasien yang dinyatakan sembuh lebih banyak jika dibanding dengan penambahan baru. Pada 27 September angka terkonfirmasi positif Covid-19 tinggal 35 orang. Dari angka secara kumulatif 423 orang yang terkonfirmasi positif, pasien yang sembuh sebanyak 343 orang.

Untuk menekan penyebaran Covid-19, pihak kepolisian bersama dengan personil gabungan TNI dan Pemkab Bojonegoro akan terus melakukan operasi yustisi atau penindakan terhadap masyarakat yang masih melanggar protokol Kesehatan.

“Ada perubahan terhadap jumlah penurunan kasus setelah adanya operasi yustisi. Operasi dilakukan dengan tepat sasaran yang diutamakan kepada pengguna jalan dan tempat-tempat kerumunan,” ujar Kapolres Bojonegoro AKBP M Budi Hendrawan, Senin (28/9/2020).

Sedikitnya, dari hasil operasi yustisi yang dilakukan tersebut, sudah ada 152 pelanggar yang disidangkan sesuai dengan Peraturan Daerah Provinsi Jawa Timur Nomor 2 tahun 2020 tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Provinsi Jawa Timur Nomor 1 tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ketenteraman, Ketertiban Umum, Dan Pelindungan Masyarakat.

Serta Peraturan Bupati (Perbup) Bojonegoro Nomor 38 Tahun 2020 Tentang Penerapan Disiplin Dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan Dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 Di Kabupaten Bojonegoro. [lus/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar