Pendidikan & Kesehatan

Nilai UTBK Tidak Selalu Jadi Patokan SBMPTN

Surabaya (beritajatim.com) – Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) akan berakhir pada Minggu  (26/5/2019). Pengumuman dapat diakses pada 6 Juni 2019.

Namun demikian, nilai UTBK tidak selalu menjadi patokan dalam pendaftaran kuliah melalui SBMPTN beberapa universitas. Seperti Universitas Negeri Surabaya (Unesa) yang tidak memprioritaskan nilai UTBK pada beberapa Fakultas seperti Fakultas Seni dan Fakultas Olahraga.

Bagi siswa yang ingin mendaftar di bidang seni dan olahraga harus menyertakan lembar fortofolio. Untuk prodi seni prosentase nilai UTBK dan Portofolio 50:50 sedangkan untuk prodi olahraga prosentase nilai UTBK dan Portofolio adalah 40:60.

Sedangkan penentuan pagu di Unesa tidak berdasarkan acuan kriteria atau passing grade, melainkan berdasarkan acuan norma yakni urutan nilai terbaik. “Passing grade tidak bisa disampaikan karena dasarnya bukan nilai tapi kuota. Kita tidak memakai acuan kriteria, melainkan acuan norma yakni berdasarkan kuota dan asal perangkingan,” ujar Prof Bambang Yulianto, Wakil Rektor 1 Unesa.

Ia mencontohkan Prodi Seni Musik yang tidak bisa dimasuki semua calon mahasiswa hanya dengan UTBK, harus ada portofolio. “Dengan pertimbangan portofoliobini. Kuota SBMPTN kemungkinan bisa tidak terpenuhi seperti kuota SNMPTN yang 25 persen atau 1.458 yang diterima 1.408. Karena beberapa pendaftar yang diterima ternyata tidak memenuhi protofolionya,” pungkas Bambang. [adg/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar