Pendidikan & Kesehatan

New Normal, Tips Sehat di Tengah Pandemi Covid-19 Bagi Lansia

Surabaya (beritajatim.com) – New Normal telah diberlakukan tapi protokol kesehatan tetap penting diaplikasikan. Hal ini menjadi penting dilakukan karena Covid-19 masih ada di sekitar kita dan belum ditemukan obat maupun vaksinnya. Diketahui pula bahwa Covid-19 paling rentan menyerang orang lanjut usia (lansia).

Oleh karenanya, Dr Andriyanto, SH, MKes Ahli Kesehatan Masyarakat (Epidemiologi) dan Ahli Gizi dari Universitas Airlangga (Unair) merekomendasikan tips sehat untuk lansia.

“Lansia itu rentan ke Covid-19 karena mayoritas memiliki penyakit penyerta atau Komorbid, sehingga daya tahan tubuhnya jauh menurun serta organ organnya sudah tidak fit seperti anak muda, jadi penting untuk memperhatikan kesehatan dan pola hidup sehat kepada lansia,” ujar dr Andriyanto, Selasa (9/6/2020).

Selain itu Dr Andriyanto juga memaparkan bahwa lansia dengan penyakit penyerta biasanya banyak mengkonsumsi obat hipertensi, kanker, diabetes dan sebagainya.

“Jika terlalu banyak mengkonsumsi obat, akan menyebabkan banyak sel rusak karena obat tersebut menjadi karsinogenik. Inilah yang disukai virus corona, jadi secara epidimologis itulah alasan lansia rentan terpapar Covid-19,” terangnya.

Berikut tips sehat bagi lansia dari Dr Andriyanto, yakni:

• Minum Curcuma, jamu, vitamin sebagai peningkat daya tahan tubuh.

• Membiasakan diri minum air hangat. Jika minun kopi dan teh panas baiknya disesap perlahan (disruput, red) agar panas lebih lama bertahan di tenggorokan sehingga membuat virus yang bertahan di tenggorokan mati.

• Dianjurkan untuk berjemur di sinar matahari pagi, karena di sinar matahari pagi mengandung vitamin D yang baik untuk tubuh

• Menghindari pemikiran berlebih yang menyebabkan stress.

• Hindari konsumsi sayuran hijau, tapi utamakan konsumsi sayuran bertekstur lembut seperti, labu siam, ubi, wortel, kentang, buah bit. Karena gigi lansia biasanya sudah banyak yang tanggal dan pencernaan sering mengalami konstipasi sehingga sayuran bertekstur lembut akan membantu memperbaiki metabolisme tubuh lansia.

• Hindari konsumsi makanan dan buah yang asam, seperti mangga muda. Karena lambung lansia sudah banyak yang lemah, sehingga makanan asam akan menambah kerusakan pada lambung. Mulai makan buah yang manis, tentunya sambil memperhatikan Komorbid yang diderita.

• Upayakan makan makanan dengan gizi seimbang dengan mengkonsumsi protein hewani, terutama ikan. Kekuatan gigi lansia telah banyak berkurang, terlebih ikan mengandung omega3 yang berguna sebagai anti inflamasi (anti peradangan). Anti inflamasi sangat berguna dalam menghadapi Covid-19 yang sifatnya meradang.

• Menghindari konsumsi gorengan dan penggunaan minyak bekas pakai. Karena minyak bekas pakai (jelantah, red) merupakan bahan yang pro inflamasi atau mempercepat peradangan.

“Wahai orang tua, makanlah ikan dan terapkan gizi seimbang. Terlebih bagi anggota keluarga yang lain juga harus memperhatikan pola konsumsi lansia, karena mungkin di orang lain tidak sampai menjadi sakit, tapi di lansia bisa saja sakit,” pungkas Dr Andriyanto. [adg/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar