Pendidikan & Kesehatan

New Normal di Malang, Pusat Belanja Dibatasi 300 Pengunjung

Penyemprotan disinfektan di Stasiun Malang.

Malang (beritajatim.com) – Wilayah Malang Raya, Kota Malang, Kota Batu, dan Kabupaten Malang masuk dalam 25 daerah yang bakal menerapkan New Normal atau tatanan kehidupan baru. Pusat perbelanjaan, mal akan kembali beroperasi pada Minggu, (31/5/2020) atau Senin (1/6/2020).

Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Malang, Suwanto mengatakan, ada sejumlah prosedur yang akan diterapkan oleh pengelola mal di Malang. Selain menyiapkan, thermo gun, tempat cuci tangan, penyemprotan disinfektan juga akan dibatasi jumlah pengunjung yang masuk ke pusat perbelanjaan.

“Departemen store itu diantisipasi masuknya dengan maksimal jumlah pengunjung masuk 300 orang, pintu masuk dan keluarnya di buat berbeda,” ujar Suwanto, Rabu (27/5/2020).

Dia mengatakan, untuk teknisnya akan disiagakan petugas jaga atau checker di setiap pintu masuk yang dibuka. Mereka akan menghitung jumlah pengunjung. Bila melebihi batas maksimal mereka diminta untuk menunggu di depan departemen store dengan protokol kesehatan physicial distancing berjarak 1 meter.

“Untuk pembatasan pengunjung kita ada checker, memanfaatkan checker begitu jumlah pengunjung 300 langsung kita close. Tidak boleh masuk menunggu pengunjung keluar. Antri pun kita buat jarak, per 1 meter,” kata Suwanto.

Suwanto mengatakan, terjadi perubahan pola beli di masyarakat saat pandemi Covid-19. Bila dulu pengunjung datang ke mal melihat-melihat barang sebelum membeli kini pengunjung datang memilih langsung beli. Sebagai penerapan protokol kesehatan departemen store tidak menyediakan ruang ganti.

“Poin positifnya adalah kita sebelum libur kan sempat buka, orang sekarang polanya datang langsung beli. Kalau dulu tidak. Sekarang orang tidak lama-lama pilih barang, cocok langsung beli. Begitu datang beli karena malas dengan kerumuman. Kami juga tidak membuat ruang ganti. Kami tutup karena tidak kami izinkan untuk mencoba,” tandasnya. [luc/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar