Pendidikan & Kesehatan

Neng Sasa Sidoarjo Ajak Cinta Membaca Sejak Usia Dini

Sidoarjo (beritajatim.com) – Isteri Bupati Sidoarjo Hj. Sa’adah Ahmad Muhdlor Ali (Gus Muhdlor) menghadiri pelatihan kepemimpinan Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) Kabupaten Sidoarjo bersama isteri Wakil Bupati Hj. Sriatun Subandi, serta Wakil Ketua DPRD Provinsi Jatim dari FPKB Hj. Anik Maslachah di Fave Hotel Sidoarjo, Senin (31/5/2021).

Ketua HIMPAUDI Sidoarjo Husnul Khotimah mengatakan HIMPUDI siap membantu mensukseskan visi dan misi bupati dan wakil bupati dalam membangun SDM Sidoarjo lebih unggul dan berkarakter, dengan melaksanakan peningkatan kompetensi.

Saat ini Kabupaten Sidoarjo memiliki tenaga pendidik sebanyak 2.934 orang dan 17.586 peserta didik. Para pendidik sudah dibantu untuk mengurus peserta didik akan mendapatkan KIA (kartu identitas anak).

“Kami juga sangat mengharapkan perhatian yang lebih lagi dari pemerintah seperti adanya kenaikan insentif, serta tempat yang bisa dijadikan kantor Sekretariat HIMPAUDI Sidoarjo,” kata Husnul.

Hj. Sa’adah Ahmad Muhdlor Ali memberikan apresiasi pada kegiatan HIMPAUDI ini. Peningkatan SDM dengan banyak mengikuti pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan SDM sangat penting dilakukan.

Sebagai TP PKK Kab. Sidoarjo, Neng Sasa panggilan akrap isteri Gus Muhdlor itu juga mengajak HIMPAUDI untuk bersinergi bersama guru PAUD. Guru PAUD harus menjadi pelopor dan selalu menggaungkan lagi minat baca pada anak-anak.

“Karena berdasarkan penelitian bahwa Indonesia ada di urutan terbawa dalam hal minat baca pada jenjang pendidikan usia dini,” sebutnya.

Lanjut dia, TP PKK punya program Ibu mendongeng. Dimana program ini akan menggandeng guru-guru PAUD untuk bersama terjun ke desa-desa untuk menimbulkan minat baca pada anak-anak melalui mendongeng.

Sehingga akan memunculkan minat anak untuk memegang buku dan kemudian membacanya, dengan begitu akan muncul budaya cinta membaca yang dari usia dini.

“Harapan saya melalui program PKK ini akan terdengar sampai nasional sehingga banyak orang tahu bahwa Bunda PAUD adalah pelopor gerakan budaya membaca untuk anak-anak di Indonesia,” imbuhnya. [isa/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar