Pendidikan & Kesehatan

Naskah Ulama Nusantara Diperdagangkan Online, Tembus Rp 1 M

Jember (beritajatim.com) – Masyarakat Pernaskahan Nusantara (Manassa) menemukan fakta saat ini, naskah- naskah warisan ulama rawan diperdagangkan.

Hal ini dikemukakan Ketua Umum Manassa Munawar Holil, sebagaimana dilansir Humas Institut Agama Islam Negeri Jember di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Senin (15/7/2019).

Manassa menemukan praktik penjualan naskah dilakukan secara terbuka. “Kami temukan praktik semacam itu dilakukan secara terbuka di situ jual beli online,” kata Munawar.

Nilai transaksinya luar biasa. “Ada harganya yang fantastis mencapai Rp 1 miliar. Ini mengkhawatirkan,” kata Munawar.

Pemilik naskah tak bisa disalahkan. Rata- rata naskah yang ditemukan Manassa kondisinya sudah rusak, bahkan ada yang hancur. “Mereka terkendala dengan biaya serta pengetahuan tentang cara merawat naskah,” kata Munawar.

Manassa saat ini pihaknya terus melakukan proses digitalisasi atau penyelamatan naskah, agar tidak hilang dan bisa dibaca oleh generasi penerus. Ada tiga ribu naskah sudah diformat dalam bentuk digital.

Munawar berharap kerjasama dengan Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora IAIN Jember akan melahirkan generasi yang akan ikut mengkaji naskah- naskah karya ulama nusantara. [wir/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar