Pendidikan & Kesehatan

Nama Peserta Lolos Tak Diumumkan di Media Cetak, LTMPT Imbau Peserta Pantau Website

Surabaya (beritajatim.com) – Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) tidak lagi menyantumkan nama-nama peserta yang lolos Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021 di media cetak.

Ketua LTMPT, Prof Moh Nasih menegaskan pengumuman SBMPTN bersifat individual sehingga hanya bisa diakses peserta masing-masing. “Intinya gini, kalau orang lihat pengumuman di koran biasanya asal lihat diterima. Tidak bisa langsung melihat daftar ulangnya di mana, langsung klik begitu,” urainya, Senin (14/6/2021).

Sehingga LTMPT memutuskan pengumuman hanya bisa diakses oleh peserta dengan memasukkan nomor peserta dan tanggal, bulan serta tahun lahir melalui website utama LTMPT https://pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id atau halaman mirror yang disediakan.

“Jadi yang bisa melihat pengumuman diterima atau tidak hanya peserta. Kalau kemudian peserta memberikan informasi tersebut pada media atau sekolah itu hak mereka,” tegasnya.

Namun, Prof Nasih menegaskan PTN memiliki wewenang untuk mempublikasikan peserta yang lolos SBMPTN di kampusnya. “Untuk akuntabibilitas kami, setiap PTN juga mengumumkan nama-nama yang diterima di perguruan tingginya di papan pengumumannya. Sesuai dengan SK rektor,” lanjutnya.

Hal ini dikatakan Prof Nasih untuk mengantisipasi kesalahan sistem. Sehingga jika ada yang secara sistem diterima, namun namanya tidak ada dalam SK rektor maka dianggap tidak diterima. [adg/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar