Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Nama Mahika Kembali Harum, Kali Ini di Aula KH. M. Yusuf Hasyim Tebuireng Jombang

Sidoarjo (beritajatim.com) – Rahmah Ayu Bunga Salwa Zahira, santri putri utusan Pondok Pesantren (Ponpes) Manba’ul Hikam (Mahika) Putat Tanggulangin, menyabet juara 1 dalam event Digital Musabaqoh Tilawatil Qur’an (D-MTQ) Piala Gubernur,

Penganugerahan piala yang diselenggarakan oleh BBS TV itu dilakukan di Aula KH. M. Yusuf Hasyim Pondok Pesantren (Ponpes) Tebuireng Jombang, Jumat (26/11/2021).

Sebelumnya, siswi kelas 8 MTs Mahika tersebut juga meraih juara 3 dalam Musabaqah Syarhil Quran (MSQ) cabang 1 juz tilawah kategori putri di Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) XXIX Jawa Timur di Kabupaten Pamekasan, awal pekan Novermber lalu.

“Terima kasih untuk pengasuh dan semua tenaga pendidik yang sudah memotivasi saya hingga bisa juara,” kata Rahmah Ayu Bunga Salwa Zahira, Minggu (28/11/2021).

Putri dari pasangan Samsul Arifin dan Anita Fudiana asal Kedungkendo Kecamatan Candi itu menambahkan, semangat belajar dan ta’dzim pada dewan guru adalah tujuan dirinya mondok di Mahika. Sedangkan soal prestasi atau juara itu adalah bonus.

Rahmah Ayu Bunga Salwa Zahira siswi kelas 8 MTs Manba’ul Hikam Putat Tanggilangin

“Juara ini saya persembahkan untuk pondok saya tercinta. Tugas saya sebagai santri adalah belajar urusan juara mungkin itu bonusnya,” tambahnya merendah.

Sementara Kepala Sekolah MTs Manba’ul Hikam H. Agus Arifuddin mengucapkan selamat atas prestasi salah satu peserta didiknya dalam event D-MTQ di Jombang. Rahmah Ayu bisa bersaing dengan ratusan peserta dari berbagai daerah atau pesantren seluruh Jatim.

Ia berharap capaian ini bisa jadi motivasi bagi santiwan-santriwati yang lain. “Saya ucapkan selamat buat Bunga, dan alhamdulillah peserta didik kami kembali mendapat juara 1 D-MTQ piala Gubernur Jawa Timur yang melalui seleksi ketat pada bulan Oktober kemarin,” terangnya.

Pria yang juga Ketua Lajnah Falakiyah PCNU Sidoarjo itu menjelaskan, selain tetap mempertahankan tradisi salafiyah atau kajian kitab kuning, pondoknya juga mengikuti perkembangan zaman.

Makanya di Ponpes Manba’ul Hikam ada beberapa unit pendidikan. Diantaranya Madrasah Tsanawiya (MTs), Madrasah Aliyah (MA), Madrasah Diniyah (Madin) Tahfidzul Qur’an dan juga Taman Pendidikan Al-qur’an (TPQ).

“Insya Allah Manba’ul Hikam sistem pendidikannya lengkap. Termasuk kegiatan ekstra sesuai bakat dan minat santri kita sediakan. Maka di momentum perlombaan kepesantrenan, Mahika selalu mengirim delegasi. Alhamdulillah ada saja yang menjadi juara,” imbuh Agus . [isa/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Anoa Dataran Rendah Koleksi KBS Mati

Unik dan Lucu, Lomba Sugar Glider di Surabaya

Aryo Seno Bicara Organisasi Sayap PDI Perjuangan