Pendidikan & Kesehatan

Nakes yang Sehat Tinggal Sedikit, Puskesmas Ini Tetap Maksimalkan Pelayanan

UPT Puskesmas Kutorejo tampak sepi meski pelayanan masih buka. [Foto: misti/bj.com]

Mojokerto (beritajatim.com) – Puluhan tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten Mojokerto kembali menjadi deretan pasien terpapar Covid-19. Mereka bertugas di dua Unit Pelayanan Terpadu (UPT) puskesmas di Kabupaten Mojokerto yakni UPT Puskesmas Tawangsari di Kecamatan Trowulan dan UPT Puskesmas Kutorejo di Kecamatan Kutorejo.

Meski di dua UPT puskesmas tersebut terdapat nakes yang terkonfirmasi Covid-19, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mojokerto tidak menutup sementara pelayanan seperti yang sebelum dilakukan tiga puskesmas. Yakni Puskesmas Puri di Kecamatan Puri, Puskesmas Trowulan di Kecamatan Trowulan dan Puskesmas Jatirejo di Kecamatan Jatirejo.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Dinkes Kabupaten Mojokerto, dr Langit Kresna Janitra membenarkan terkait hal ini. “Iya benar, dua puskesmas tersebut ada yang terpapar namun pelayanan buka seperti biasa. Tidak (lockdown). Sama tidak tutup (UPT Puskesmas Tawangsari dan UPT Puskesmas Kutorejo),” ungkapnya, Sabtu (26/9/2020).

Masih kata dr Langit, di UPT Puskesmas Tawangsari setidaknya ada 13 orang yang terkonfirmasi positif dan sebanyak enam orang di UPT Puskesmas Kutorejo. Mereka yang dinyatakan terpapar Covid-19 langsung menjalani penanganan dan isolasi di ruangan karantina UPT Puskesmas Gondang di Kecamatan Gondang serta RSI Sakinah di Kecamatan Sooko.

“Iya benar (menjalani isolasi di UPT Puskesmas Gondang dan RSI Sakinah). Tidak (tidak mengganggu pelayanan) karena dibantu puskesmas sekitar, baik di UPT Puskesmas Tawangsari maupun UPT Puskesmas Trowulan. Untuk sumber terpaparnya, belum diketahui pasti karena mereka di pelayanan jadi rawan terpapar pada waktu pelayanan,” jelasnya.

Di kedua puskesmas tersebut memang tidak dilakukan penutupan sementara, ada kertas berisi pengumuman terkait jam pelayanan. Yakni mulai tanggal 25 September hingga 2 Oktober 2020, pelayanan dimulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 11.00 WIB untuk Puskesmas Kutorejo dan pukul 07.30 WIB sampai pukul 11.00 WIB untuk Puskesmas Tawangsari.

UPT Puskesmas Gondang sendiri difungsikan sebagai tempat isolasi Orang Tanpa Gejala (OTG) Covid-19 oleh Pemkab Mojokerto. Sedikitnya ada enam ruang kamar dengan kapasitas hingga 20 kamar yang disiapkan sebagai ruang isolasi bagi pasien berstatus OTG di Kabupaten Mojokerto. [tin/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar