Pendidikan & Kesehatan

Muslim di Bojonegoro Tetap Bisa Salat Jumat Seperti Biasa

Bojonegoro (beritajatim.com) – Umat Islam di Kabupaten Bojonegoro masih bisa melakukan Salat Jumat secara berjamaah seperti biasa. Masyarakat diimbau agar tidak terlalu panik atas penyebaran Virus Corona (Covid-19), sebab takmir masjid telah meningkatkan kewaspadaan.

Ketua Yayasan Masjid Agung Darussalam Kabupaten Bojonegoro Lugito Abdul Qodir mengatakan, untuk mengantisipasi terpaparnya Covid-19 bagi jamaah, pihak pengurus masjid telah melakukan penyemprotan cairan disinfektan.

Lugito mengungkapkan, jamaah di Masjid Agung juga masih seperti biasa. Namun pihaknya juga melakukan langkah antisipasi seperti menggulung karpet shaf salat, dan akan menyediakan antiseptik serta pemeriksaan suhu tubuh bagi jamaah yang akan masuk masuk masjid.

“Kami juga meminta kepada jamaah untuk menjaga kebersihan lingkungan masjid mulai dari kamar mandi, lantai dan mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir,” ujarnya, Kamis (19/3/2020).

Pihak takmir masjid yang berada di sebelah barat Alun-alun Kota Bojonegoro itu mengaku sebelumnya sudah mendapat imbauan dari Pemkab Bojonegoro bahwa salat jamaah masih bisa dilakukan lima waktu seperti biasa. “Di Bojonegoro juga belum ada warga yang terjangkit,” terangnya.

Sementara Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat, Pemkab Bojonegoro Sahari mengatakan, untuk memberi pemahaman terkait antisipasi penyebaran Covid-19 pihaknya telah mengumpulkan sejumlah marbot dari perwakilan masing-masing kecamatan.

“Intinya kami kumpulkan untuk memberikan pemahaman terhadap tugas marbot, serta menyampaikan langkah antisipasi sebaran Covid-19, dengan menjaga kebersihan masjid, kamar kecil, tempat wudhu dan lantai masjid,” terangnya.

Sahari juga menyampaikan, jika ada tiga poin imbauan pemerintah yang harus disampaikan oleh takmir masjid usai melakukan adzan. Yakni, Pertama menjaga kebersihan diri dengan mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir.

Kedua, membatasi diri untuk tidak melakukan kegiatan di luar rumah serta bepergian di tempat keramaian, kecuali kondisi penting. Dan terakhir, apabila merasakan gejala batuk pilek dan panas tinggi segera memeriksakan kesehatan ke petugas kesehatan terdekat. [lus/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar