Pendidikan & Kesehatan

Musim Pandemi, Ketua RT dan RW di Desa Purwokerto Difasilitasi Sepeda untuk Olahraga

Kediri (beritajatim.com) – Sebagai bentuk apresiasi, Kepala Desa Purwokerto Kecamatan Ngadiluwih menginisiasi untuk memberikan sepeda kepada seluruh Ketua RT dan RW. Hal ini dikandung maksud untuk memberikan penunjang sarana para pemangku wilayah terkecil di Desa tersebut untuk lebih giat melakukan sambang masyarakat dan patroli keamanan. Selain itu, dimusim pandemi seperti saat ini, sepeda tersebut bisa digunakan untuk berolahraga agar kekebalan tubuh meningkat.

Menurut Agus Ariful Anam kepala Desa Purwokerto, sebanyak 42 Unit sepeda dibagikan kepada ketua RT dan RW pada Rabu (02/12/20) di Balai Desa dengan disaksikan beberapa tokoh masyarakat serta perangkat Desa. “Dari 42 unit sepeda yang kita berikan, rinciannya 31 unit sepeda untuk ketua RT dan 11 unit sepeda untuk ketua RW,” terang Agus.

Menariknya, pembelian sepeda ini dilakukan langsung ke distributornya di Kota Surabaya, sehingga sepeda yang biasanya dijual dengan harga Rp 2.000.000 juta hingga Rp 2.250.000, namun kini hanya didapat dengan harga Rp 1.500.000 saja. “Saya langsung komunikasi dengan marketing penjualan sepeda ini di Surabaya, jadi bisa mendapatkan potongan harga yang cukup lumayan besar,” imbuh Kepala Desa.

Disinggung mengenai sumber dana pembelian sepeda, kepala desa mengaku diambilkan dari alokasi Dana Desa untuk program kesejahteraan Masyarakat. “Sumber dana dari alokasi DD tahun anggaran 2020 untuk program pengalokasian bagi RT dan RW,” kata Agus.

Ia juga berharap, kegiatan ini bisa di tiru dan dilakukan oleh kepala desa yang lain di Kabupaten Kediri, sehingga hubungan perangkat Desa dengan Ketua RT ataupun Ketua RW bisa lebih harmonis. “Apa yang saya lakukan ini keinginan saya bisa dilakukan oleh pak kades yang lain, sehingga bisa menunjang sarana untuk berpatroli menyapa warga serta bisa digunakan untuk berolahraga.” Pungkasnya. [nm/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar