Pendidikan & Kesehatan

Musim Gowes, Dishub Kota Malang Perbanyak Jalur Sepeda

Jalur khusus sepeda angin di Kota Malang.

Malang (beritajatim.com) – Di tengah pandemi Covid-19, masyarakat memiliki aktivitas olahraga yang kini sedang digandrungi, yakni bersepeda. Para pesepeda menyebut aktivitas yang mereka lakukan populer dengan julukan Gowes.

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang bahkan ingin menambah jalur pesepeda agar mereka gowes dijalur yang telah disediakan. Jika jalur ini sudah diperbanyak harapanya para pesepeda memanfaatkan jalur itu dengan baik agar tidak menggangu pengguna jalan lainnya.

Kepala Dishub Kota Malang, Handi Priyanto saat ini sudah ada beberapa ruas jalan khusus jalur gowes. Di sekitaran Klojen, atau kawasan Alun-alun Merdeka dengan jelas jalur pesepeda diberi cat khusus warna hijau. Ruas jalan khusus jalur gowes inilah yang akan diperbanyak di Kota Malang.

“Kami berencana membuat dan menambah jalur sepeda di beberapa ruas jalan di Kota Malang. Beberapa ruas jalan sudah kami survei,” ujar Handi.

Untuk lebih memanjakan para pesepeda, Dishub Kota Malang juga akan menyediakan parkir khusus sepeda. Beberapa kawasan seperti Alun-alun Merdeka dan Kayutangan telah terpasang parkir khusus sepeda angin.

Dengan rencana penambahan fasilitas khusus gowes, Dishub Kota Malang berharap para pesepeda lebih tertib dalam mematuhi rambu-rambu lalu lintas ketika berkendara di jalan raya.

“Rencananya juga ada parkir khusus sepeda. Kita juga ingatkan agar patuhi lalu lintas. Saat ini para sepada itu merasa tidak diatur dalam peraturan lalu-lintas. Kadang traffic light mereka terobos,” tandasnya. [luc/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar