Pendidikan & Kesehatan

Murid MTs Tarbiyatul Wathon Panceng Gresik Luncurkan Aplikasi Ini

Gresik (beritajatim.com)- Keberadaan teknologi digitalisasi mulai banyak dimanfaatkan oleh pelajar Gresik. Kali ini, MTs Tarbiyatul Wathon Panceng meluncurkan aplikasi Mts yang bisa diakses playstore.

Kepala MTs Tarbiyatul Wathon, Mohammad Faizal Mubarok menuturkan, aplikasi ini sebagai layanan kepada wali siswa. Khususnya, untuk mengakses berbagai program kebijakan dan informasi terkait kemadrasahan serta kesiswaan.

“Aplikasi ini sebagai jawaban di dunia pendidikan dalam menyongsong revolusi industri 4.0,” tuturnya, Kamis (1/4/2021).

Menurut Faizal, keberadaan aplikasi ini sangat membantu saat pelaksanaan pembagian rapor hasil belajar siswa di semester genap.

“Setiap wali siswa yang hadir dalam acara launching diwajibkan membawa gadget yang terkoneksi internet untuk kemudian di jelaskan tutorial tentang cara install aplikasi hingga penggunaannya,” paparnya.

Faizal menambahkan, saat mengakses siswa dibekali username dan password untuk login ke aplikasi MTs Tarbiyatul Wathon. Sehingga, siswa juga bisa secara langsung untuk mempraktekkan dan menikmati layanan aplikasi tersebut.

“Aplikasi mobile phone MTs Tarbiyatul Wathon ini adalah aplikasi informasi manajemen madrasah berbasis android yang menyajikan informasi personal pesertadidik maupun kebijakan madrasah secara cepat, akurat dan transparan,” imbuhnya.

Aplikasi MTs Tarbiyatul Wathon Android merupakan pengembangan dari beberapa aplikasi yang sudah dimiliki MTs dalam bentuk website. Teknologi digitalisasi ini adalah penggabungan seperti SIAKAD (Sistem Informasi Akademik), Perpustakaan Online, Website MTs. Dijadikan dalam satu wadah aplikasi android sehingga akses penggunaan beberapa aplikasi tersebut semakin praktis dan mudah.

Wali siswa yang sudah menginstal dan login dengan username akan menemukan beberapa menu yang bisa dilihat. Contohnya, menu informasi yang menjelaskan tentang berbagai informasi kegiatan, kebijakan hingga jadwal-jadwal dan pengumuman seputar siswa dan madrasah. Kemudian ada menu SPP dan nilai siswa, dimana menu tersebut menampilkan informasi tentang berbagai jenis pembiayaan siswa lengkap dengan keterangannya.

Aini Susanti salah satu Wali Siswa Kelas VII Mts Tarbiyatul Wathon mengatakan, dengan adanya aplikasi ini dirinya bisa mengunduh guna memantau perkembangan anaknya dari rumah. “Saya bisa mengecek dan melihat apakah anak saya hadir tepat waktu, atau terlambat saat bersekolah, ini sangat membantu,” pungkasnya. [dny/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar