Pendidikan & Kesehatan

Munas II Pessandra, Dosen UINSA Surabaya Ini Terpilih Kembali Sebagai Ketua Umum

Lamongan (beritajatim.com) – Persatuan Santri Alumni Sunan Drajat (Pessandra) gelar Musyawarah Nasional (Munas) II, di Aula Pondok Pesantren Sunan Drajat Paciran Lamongan, Minggu (30/5/2021). Munas memilih kepengurusan pusat untuk periode 2021-2024, yang mengusung tema ‘Persaudaraan Santri Menguatkan Negeri’.

Munas ini dihadiri oleh perwakilan dari alumni Sunan Drajat dari berbagai daerah di Indonesia, tanpa terkecuali perwakilan alumni Sunan Drajat dari negara tetangga yakni Malaysia, serta sejumlah tokoh penting dari pejabat pemerintahan. Dalam Munas II Pessandra ini, Petahana Dr Sulanam kembali terpilih menggawangi Pessandra periode 2021-2024, secara aklamasi.

Mayoritas suara sependapat bahwa Section Editor Journal of Indonesian Islam itu dinilai memenuhi harapan seluruh alumni dan visi misi PPSD sehingga penting bagi kemajuan Pessandra di Negeri ini.

Dr Sulanam yang Dosen tetap UINSA Surabaya sekaligus Peneliti Lembaga Studi Agama dan Sosial (LSAS) UINSA menyampaikan, bahwa dengan terpilihnya kembali ia menjadi Ketua Umum Pessandra 2021-2024 ini, pihaknya akan terus mengoptimalkan pengalaman dan observasinya selama 3 tahun terakhir, sehingga bisa melayani dengan lebih lagi serta
berjejaring secara masif dalam mencapai tujuan bersama yang selaras dengan visi misi PPSD.

“Intinya para alumni itu perlu berjejaring secara masif, baik generasi tua maupun millenial. Selanjutnya, pentingnya sinergitas berbasis kepahaman dari peran para alumni. Sehingga dengan kekeluargaan harmonis yang terjalin antar alumni yunior dan senior akan menjadi kontribusi positif yang membawa manfaat kesuksesan dalam meraih cita-cita,” ungkap Sulanam kepada beritajatim.com, Senin (31/5/2021).

Pria yang pernah menjadi Fasilitator pengembangan Madrasah, program Madrasah Education Development Project (MEDP) Kemenag-ADB tahun 2008-2011 itu menambahkan, bahwa dalam program kerja ke depan, pihaknya akan semakin memperluas jangkauan dengan para alumni yang belum terjaring, khususnya yang ada di luar Jawa. Menurutnya, hal itu penting dilakukan agar kinerja kepengurusan bisa lebih mengakar dan terbangunnya relasi yang kuat.

“Selain itu, kami juga melakukan pemantaban kekuatan di internal organisasi dengan memperkuat basis khidmah, karenanya di kepengurusan harian kali ini, saya memilih sosok Riadus Soliqin untuk menjembatani generasi millenial, agar organisasi ini lebih maksimal lintas angkatannya.” tambahnya.

Dalam kesempatan lain, Pengasuh Pondok Pesantren Sunan Drajat, KH Abdul Ghofur selalu memberikan dukungan dan motivasinya kepada para Alumni agar terus produktif dalam berkarya dan memberikan kemanfaatan kepada masyarakat. “Totoen seng apik, totoen, totoen, aku wes tuo mok bagian dungo (ditata yang bagus, ditata, ditata, saya sudah tua, saya bagian yang mendoakannya). Itu yang dipesankan oleh Abah Yai Ghofur kepada Pessandra,” ujar Sulanam.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, sekretaris baru Pessandra, M Riadus Soliqin mengungkapkan, dengan ditunjuknya ia menjadi sekretaris baru di Pessandra, hal itu merupakan sebuah amanah dan tanggungjawab yang besar. Menurutnya, menjadi pengurus di Pessandra berarti berkhidmah kepada guru dan almamater tercinta.

“Saya niati belajar dan berkhidmah. Untuk itu, karena belajar, mohon diluruskan jika salah dan ada yang kurang. Jangan sungkan-sungkan untuk meluruskan dengan cara apa pun. Karena berkhidmah, niatnya semata-mata untuk menebar kebaikan dan mencari keberkahan, lebih-lebih berkhidmah pada guru dan almamater tercinta. Mohon doa, dukungan dan sinergitasnya dari semua pihak untuk kesuksesan mengemban amanah. Semoga Pessandra mampu memberi kemanfaatan yang lebih luas lagi,” ungkap Pria yang juga pengurus IKA PMII Lamongan tersebut.

Selanjutnya berdasarkan pantauan beritajatim.com, banyak banner ucapan yang terpampang di sekitar arena Munas II Pessandra, yang berjajar hingga sepanjang jalan masuk komplek Pesantren Sunan Drajat, di antaranya dari para tokoh, pejabat setempat, kementerian RI, partai politik, kolega hingga relasi dekat Pessandra.[riq/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar