Pendidikan & Kesehatan

MTsN 4 Tulungagung Gelar Upacara Kebudayaan

Tulungagung (beritajatim.com) – Pada 92 tahun yang lalu para pemuda begitu lantang pengucapkan sumpah pemuda. Mengikrarkan diri bahwa rakyat negeri ini satu bangsa, satu tanah air, dan satu bahasa, yaitu Indonesia Tepat pada 28 Oktober 1928 yang lalu.

Sumpah pemuda merupakan moment penting bagi bangsa Indonesia. Untuk itu, MTsN 4 Tulungagung menggelar upacara Sumpah Pemuda dengan tema, “Bersatu Bangkit.” Rabu (28/10/2020).

“Dalam suasana dunia yang masih dihantui oleh Pandemi Covid 19, kita harus tetap optimis menatap masa depan,” pesan Bambang Widarsono selaku Kepala MTsN 4 Tulungagung.

Lebih lanjut ia mengungkapkan saat ini pemuda dan pemudi Indonesia tidak berjuang melawan penjajah secara fisik, seperti masa lalu. Akan tetapi saat ini sedang dihadapkan dengan arus globalisasi, sedikit demi sedikit telah menggerus jati diri bangsa.

“Kita sejatinya adalah pemuda – pemudi bangsa Indonesia yang punya jiwa kuat, berpikiran jenis, dan visioner serta berbudaya. Mari kita berkontribusi menghasilkan karya – karya terbaik hasil olah pikiran dan jiwa,” tandasnya.

Upacara ini dikemas begitu menarik. Terlihat keanekaragaman budaya terpancar dari pakaian adat bapak ibu guru dan para petugas upacara yang dikenakan.

Madrasah yang dinyatakan sebagai Madrasah Adiwiyata ini telah mencetak pemuda dan pemudi yang berprestasi. Dalam moment Sumpah pemuda ini, ditandai dengan penyerahan piala penghargaan juara 1 terbangan manten yang diselenggarakan oleh PCNU Tulungagung dan juara umum 3 putri kepramukaan yang diselenggarakan Dinas Kepemudaan Tulungagung.

Seusai acara pun masih dilanjutkan dengan penampilan para siswa, diantaranya puisi semangat sumpah pemuda, Tarian piring, Tari Gambyong. pacara ini dilaksanakan di halaman utama MTsN 4 Tulungagung. [nm/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar