Pendidikan & Kesehatan

MPA Trisula Salurkan Ratusan ‘Face Shield’ untuk Tenaga Medis

Ketua Umum MPA Trisula, Ahmad Alif An Noufal (kiri) menyerahkan face shield di Puskesmas Kesamben, Kecamatan Ngoro, Jombang, Rabu (10/6/2020)

Jombang (beritajatim.com) – MPA (Mahasiswa Pecinta Alam) Trisula Undar (Universitas Darul Ulum) Jombang menyalurkan bantuan alat pelindung diri (APD) berupa Face Shield untuk tenaga medis yang ada di Puskesmas se-Kabupaten Jombang secara gratis. Jumlah pelindung wajah yang didistribusikan tersebut sebanyak 550 pcs.

“Hari ini kita distribusikan ke 10 Puskesmas. Masing-masing Puskesmas mendapatkan 10 unit face shield. Besok distribusi pelindung wajah tersebut kita lanjutkan lagi,” ujar Ketua Umum MPA Trisula, Ahmad Alif An Noufal, Rabu (10/6/2020).

Alif menjelaskan, APD merupakan elemen penting dalam memutus rantai penyebaran Covid-19. Apalagi, selama ini tenaga medis berada di garis depan dalam penanggulangan virus tersebut. Ironisnya, ketersediaan face shiled tidak sebanding dengan jumlah tenaga medis. Oleh sebab itu, MPA Trisula tergerak untuk ikut membantu dengan menyalurkan APD.

Mahasiswa berambut gondrong ini menambahkan, ratusan face shield itu hasil produksi SAR Surabaya (SARSU). APD tersebut sudah sesuai dengan standar keamanan WHO, Kementerian Kesehatan, serta Direktorat Jendral Kefarmasian dan alat kesehatan. Yakni, untuk digunakan bagi tim medis dalam penanganan pasien Covid-19.

Pengurus MPA Trisula Undar usai menyerahkan face shield di Puskesmas, Rabu (10/6/2020)

“Kita mendapatkan dari SARSU, kemudian pelindung wajah itu kita distribusikan untuk tenaga medis yang ada di 21 Puskesmas se-Kabupaten Jombang. Semoga apa yang kita lakukan ini bisa memutus rantai penyebaran Covid-19,” ungkap Oleng, panggilan akrab Ahmad Alif An Noufal.

Oleng mengungkapkan, bakti sosial tersebut juga merupakan rangkaian kegiatan Dies Maulidiyah ke-24 MPA Trisula. Sebelumnya, mahasiswa pecinta alam ini menggelar tasyakuran dengan memotong tumpeng pada Minggu (7/6/2020) malam di sekretariat. Karena situasi pandemi, dies maulidiyah dilaksanakan secara sederhana.

“Kita hanya menggelar tumpengan yang dihadiri oleh anggota dan senior MPA Trisula. Kemudian hari ini kita lanjut bakti sosial dengan mendistribuskan face shield ke tenaga medis,” pungkasnya. [suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar