Pendidikan & Kesehatan

MPA Trisula Kirim ‘Sejuta Surat’ untuk Selamatkan Bumi

Jombang (beritajatim.com) – Peringatan Hari Bumi yang jatuh pada 22 April diperingati dengan cara berbeda oleh Mahasiswa Pecinta Alam (MPA) Trisula Undar (Universitas Darul Ulum) Jombang. Selain melakukan aksi peduli sampah, para mahasiswa itu juga mengirimkan surat ke isntansi pemerintah dan seluruh sekolah di Kabupaten Jombang.

Surat tersebut berisi imbauan untuk menjaga dan menyelematkan bumi. Caranya, dengan membersihkan sampah dan membersihkan lingkungan setempat. Dengan begitu, bumi yang dipijak manusia tidak akan rusak. “Aksi tersebut kita beri nama sejuta surat untuk selamatkan bumi. Sejak pekan kemarin surat imbauan tersebut sudah kita kirim ke sekolah-sekolah,” kata Ketua Umum MPA Trisula Rendi ‘Blangkon’, Minggu (21/4/2019).

 

Dalam surat tersebut, lanjut Rendi, pihaknya juga mengimbau agar pada saat upacara hari Senin (22/4/2019) masing-masing sekolah memberikan ‘nasehat’ kepada muridnya tentang pentingnya menjaga bumi. Karena seiring laju waktu, kesadaran manusia dalam menjaga lingkungan semakin terkikis.

Hal itu bisa dilihat dari menumpuknya sampah di sungai yang secara tidak langsung mengakibatkan banjir. Jika sudah demikian, katanya, manusia baru menyadari tentang pentingnya merawat bumi. “Oleh sebab itu, melalui peringatan Hari Bumi 2019, kita mengingatkan semua pihak agar selalu merawat bumi,” ujarnya.

Hal senada dikatakan Hidayat, salah satu panitia peringatan Hari Bumi 2019 MPA Trisula. Hidayat menjelaskan, sebagai ‘pemanasan’ Hari Bumi, pihaknya melakukan kampanye melalui poster yang disebar melalui media sosial.

Semisal, sejumlah anggota MPA Trisula mengambil gambar di lokasi banjir dengan membentangkan poster tentang pentingnya membuang sampah pada tempatnya. Foto tersebut kemudian diupload ke instagram (IG), WAG (WhatsApp Group), Twiter, serta facebook (FB).

“Saat CFD (Car Free Day) di Jl Wahid Hasyim Jombang kita juga membentangkan poster tentang pentingnya menjaga dan merawat bumi. Foto tersebut kemudian kita upload ke media sosial. Ini sebagai bentuk kampanye menyelamatkan bumi,” kata Hidayat.

Puncak peringatan Hari Bumi 2019 MPA Trisula akan digelar di Alun-alun Jombang, Senin (22/4/2019). Acaranya antara lain, donor darah massal, aksi tukar sampah menjadi berkah, aksi lestari, serta aksi seribu pesan untuk bumi.

“Aksi seribu pesan untuk bumi ini kita membentangkan poster-poster yang berisi imbauan tentang pentingnya menjaga bumi. Acara puncak tersebut kita gelar pada Senin pagi di alun-alun Jombang,” pungkas mahasiswa fakultas teknik ini. [suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar