Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Covid-19 Landai

Mobil PCR Rp3,8 Miliar Milik Pemkab Magetan Bakal Dipakai Deteksi HIV dan TB

Magetan (beritajatim.com) – Kasus Covid-19 di Magetan terpantau landai selama sekitar enam bulan terakhir. Jumlah kasus tak sampai lewat 30 dan mengindikasikan Covid-19 sudah terkendali.

Mobil PCR atau mobil yang digunakan untuk mengecek spesimen swab milik Pemkab Magetan yang dibeli 2020 lalu kemungkinan besar tak bakal digunakan seperti semula.  Melainkan, spesimen yang diperiksa adalah spesimen untuk cek HIV dan tuberculosis.

Sekretaris Daerah Magetan hergunadi mengungkapkan jika mobil yang kini terparkir di pojok lapangan parkir Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) itu bisa dikolaborasikan dengan RSUD dr Sayidiman untuk kepentingan pengecekan spesimen dari beberapa penyakit.


” Mobil PCR akan dikolaborasikan dengan rumah sakit untuk mendeteksi penyakit penyakit lain yang berhubungan dengan virus,” kata Hergunadi, Kamis (6/10/2022).

Sementara itu, Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Magetan Almizan Marwan mengungkapkan jika peralatan di dalam mobil real time polymerase chain reaction itu juga memungkinkan untuk digunakan mengecek spesimen yang berkaitan untuk cek HIV dan tuberkulosis (TB).

“Mobil PCR yang ada di Labkesda tersebut bisa digunakan untuk mendeteksi penyakit lain selain Covid 19. Karena pada labkesda tersebut tersedia banyak reagen selain Covid-19 untuk mendeteksi virus-virus yang lain. Seperti TB dan HIV, ” kata Almizan Mawardi, Kamis (6/10/2022).

Alat pada mobil PCR bisa dipakai apa saja untuk mendeteksi virus yang berhubungan dengan DNA. Virus lain dapat dideteksi dengan hanya mengganti reagen yang ada pada Labkesda. Tinggal menyesuaikan dengan jenis virus yang hendak diperiksa.

Untuk diketahui, mobil PCR milik Pemkab Magetan diklaim mampu memeriksa sebanyak 96 spesimen sekaligus dalam sekali cek. Pun, hasilnya bisa diketahui tak lebih dari 10 jam. (fiq/ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar