Pendidikan & Kesehatan

MKKS Jember: Soal Ujian Sebaiknya Diamankan Kepsek agar Tak Bocor

Jember (beritajatim.com) – Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Menengah Pertama Kabupaten Jember, Jawa Timur, sudah menyampaikan kepada seluruh sekolah bagaimana cara untuk mengamankan soal ujian.

Namun ternyata soal ujian Matematika dan IPA di SMP Negeri 2 bocor dan menyebabkan 48 siswa menjalani ujian ulang, Jumat (7/5/2021) kemarin.

“Sebenarnya pengamanan itu sudah secret. Tapi soal ujian itu kan ada yang berupa (soft) file. Jadi kalau berupa cetakan masih di amplop. Tapi kan ada sekolah yang menyiapkan untuk daring berupa file. Apakah itu yang bocor, saya juga tidak tahu,” kata Ketua MKKSMP Jember Syaiful Bahri.

“Saya melihat ini (soal yang bocor) adalah mata pelajaran yang berat. Matematika dan IPA. Seharusnya tidak mungkin sekelas SMP 2 terjadi seperti itu, karena anak-anaknya identik pintar-pintar di sana,” kata Syaiful.

Syaiful menyarankan soal ujian sebaiknya disimpan dan dijaga kepala sekolah untuk mengantisipasi kebocoran. “Setelah tidak ada ujian nasional, kalau ujian sekolah ditekel kabupaten, sekarang hak masing-masing sekolah,” katanya.

Syaiful sempat mendatangi SMPN 2 kemarin. “Dulu pernah terjadi, kami selesaikan, dan sudah lama tidak ada apa-apa. Modusnya waktu itu ada guru membuka bimbingan belajar di rumahnya. Ternyata dia memberikan bimbingan soal ke siswa bimbingan dan siswa bimbingannya mengopernya ke siswa lain. Bukan SMP 2. Tidak pernah SMP 2. Dulu terjadi di SMP 1 dan SMP 7,” katanya.

Syaiful percaya SMPN 2 bisa menyelesaikan sendiri persoalan tersebut. “Itu hak internal SMPN 2. School based management, manajemen berbasis sekolah ada pada kepala sekolah. Cuma saya minta jangan terjadi lagi dan jangan jadi bahan pembicaraan di luar,” katanya. [wir/ted]



Apa Reaksi Anda?

Komentar