Pendidikan & Kesehatan

Minimalisir Kontak Fisik, BPJS Kesehatan Cabang Mojokerto Perkenalkan Pandawa

Kepala Bidang Pelayanan BPJS Kesehatan Cabang Mojokerto, Bagus Priyanto. [Foto: misti/bj.com]

Mojokerto (beritajatim.com) – Di tengah pandemi Covid-19, Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Mojokerto memberikan layanan melalui Pandawa (Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp). Langkah ini dilakukan untuk memberikan kenyamanan dan meminimalisir tatap muka.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Mojokerto, Sistri Sembodo mengatakan, proses mengurangi terjadinya penumpukan massa melalui Pandawa. “Sebelumnya peserta berbondong-bondong mengurus mutasi, administrasi, sekarang cukup dengan WA. Ini bagian dari upaya untuk meningkatan kualitas dan mendekatkan kepada masyarakat,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pelayanan BPJS Kesehatan Cabang Mojokerto, Bagus Priyanto mengatakan, layanan ini bertujuan untuk memudahkan peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang ingin mengurus administrasi tidak perlu datang ke Kantor BPJS Kesehatan Cabang Mojokerto.

“Layanan Pandawa diluncurkan untuk memberikan kenyamanan peserta BPJS Kesehatan. Masyarakat cukup mengirim pesan melalui nomor WA 082241837700, setiap Kantor Cabang BPJS Kesehatan berbeda nomor WA nya. Sidoarjo, Surabaya berbeda dan ini hanya untuk WA bukan telepon jadi kalau ada yang telepon kita tidak angkat,” ungkapnya, Kamis (24/9/2020).

Masih kata Bagus, format pengiriman pesan melalui Pandawa tersebut dituliskan dengan mencantumkan nama pelapor, nama peserta yang akan dilakukan proses pelayanan administrasi, nomor kartu JKN atau nomor KTP, nomor handphone dan kode klasifikasi layanan. Jenis pelayanan dalam Pandawa ada sembilan item.

Yakni pengurangan anggota keluarga, perubahan puskesmas/dokter/klinik, perubahan kelas rawat, perubahan identitas, pengaktifan atau penonaktifan Warna Negara Indonesia (WNI) dari dan ke luar negeri, perubahan jenis kepesertaan, perubahan dana Pegawai Negeri Sipil (PNS)/TNI/Polri, pengaktifan kembali kartu anak Peserta Pekerja Upah (PPU) lebih dari 21 tahun dan pendaftaran Bayi Baru Lahir (BBL).

“Prinsipnya sangat simpel, peserta tidak perlu datang cukup di rumah saja dan kirim WA dan petugas akan menanyai syarat-syarat. Namun yang penting harus disiapkan, nomor rekening bank dan buku rekening dicetak. Pandawa khusus untuk perubahan data, kedepannya sudah di cover di mobil JKN termasuk yang lainnya,” katanya.

Waktu pelayanan Pandawa sesuai jam kerja BPJS Kesehatan yakni pukul 08.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB. Artinya petugas hanya membalas pesan masyarakat pada jam tersebut, di luar jam tersebut tidak akan ada pelayanan dari petugas. Pandawa diperkenalkan tidak lain karena dampak pandemi Covid-19 menyebabkan pembatasan pelayanan kepada peserta BPJS Kesehatan. [tin/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar