Pendidikan & Kesehatan

Minggu Ini, Dinkes Kabupaten Mojokerto Datangkan Mesin PCR

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mojokerto, dr Sujadmiko

Mojokerto (beritajatim.com) – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mojokerto akan mendatangkan mesin Polymerase Chain Reaction (PCR) sebagai alat mutakhir dalam mendekteksi infeksi virus corona. Dalam sehari, mesin ini mampu menguji sample swab sebanyak 100 sample swab.

Kepala Dinkes Kabupaten Mojokerto, Dr Sujadmiko optimis keberadaan mesin PCR tersebut mampu menguji lebih dari 100 sample swab pasien perhari. “Artinya, akan ada 100 orang lebih setiap hari yang bakal di uji swab. Saat ini dalam proses pengadaan, minggu ini datang,” ungkapnya, Selasa (16/6/2020).

 

Jika mengaca pada persentase uji swab yang selalu didominasi hasil positif, lanjut mantan Direktur RSUD Prof Dr Soekandar bisa jadi akan ada lonjakan tajam pasien Covid-19 setelah mesin PCR beroperasi. Hal inipun bisa saja diasumsikan Kabupaten Mojokerto akan menjadi kawasan episentrum Covid-19.

Juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Mojokerto, dr Sujadmiko. [Foto: misti/bj.com]

“Memang tidak bisa dipungkiri. Namun lonjakan tersebut bukan berarti kegagalan Gugus Tugas dalam mengatasi persebaran infeksi virus. Lonjakan tersebut justru sebuah langkah efektif dalam memutus mata rantai virus lebih cepat. Karena warga yang terinfeksi bisa cepat terdeteksi,” katanya.

Selain itu, lanjut Dr Jat (panggilan akrab, red), proses isolasi juga bisa langsung diaktifkan sehingga tidak sampai menyebarkan virus lebih luas lagi.[tin/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar