Pendidikan & Kesehatan

Minat Mahasiswa UNAIR untuk Dapatkan Form A5 Cukup Tinggi

Surabaya (beritajatim.com) – Posko Layanan Pindah Memilih Pemilu 2019 Universitas Airlangga (UNAIR) ramai dikunjungi oleh mahasiswa rantau yang ingin berpartisipasi dalam pemilu tanpa harus pulang kampung.

Posko Layanan Pindah Memilih Pemilu 2019 yang diadakan oleh gabungan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Budaya (FIB), BEM Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) dan Himpunan Mahasiswa (HIMA) Ilmu Politik UNAIR ini mendapat sambutan hangat dari mahasiswa. Pasalnya kegiatan yang diadakan di tiga lokasi di UNAIR ini diikuti oleh banyak mahasiswa.

Pada hari pertama (27/2/2019) di salah satu posko, yakni di posko kampus B atau tepatnya di depan Pusat Bahasa, hingga siang tadi telah dikunjungi dan diikuti oleh lebih dari 100 mahasiswa yang ingin mendapatkan formulir pindah pilih atau formulir A5.

Moch Sholeh Pratama, selaku Ketua BEM FIB mengatakan bahwa animo mahasiswa sangat tinggi karena Posko Layanan Pindah Memilih Pemilu 2019 membantu mahasiswa rantau untuk memudahkan mereka menyalurkan Hak pilihnya, tanpa harus pulang ke kampung halaman.

“Teman-teman mahasiswa rantau sangat antusias, karena mereka merasa terwadahi dengan keberadaan Posko Layanan Pindah Memilih ini,” ujar Sholeh yang saat¬† ini sedang menempuh kuliah Semester 6 di Program Studi Ilmu Sejarah.

Iapun mengatakan bahwa partisipasi yang tinggi menunjukkan kualitas pemilu yang baik. Kualitas pemilu yang baik akan melahirkan pemimpin yang baik pula.

“Partisipasi pemuda dalam Pemilu ini sangatlah penting. Perubahan berada ditangan pemuda, salah satunya melalui partisipasi memilih dalam pemilu. Meskipun mereka tidak bisa pulang tapi masih semangat menggunakan hak pilihnya menandakan bahwa generasi muda sangat peduli dengan bagaimana negaranya berkembang kedepannya,”¬† tambah Sholeh.

Ditanya prediksi partisipasi mahasiswa yang ingin mendapatkan formulir A5 untuk besok hari ke dua, Sholeh pun dengan yakin Posko Layanan Pindah Memilih masih akan mendapatkan animo yang tinggi.

“Perkiraan saya masih akan banyak yang minat ambil formulir A5, karena tidak akan banyak mahasiswa yang bisa pulang dan memilih untuk menggunakan hak suaranya di dekat kampus. Karena mereka pun terlihat sudah sangat mantap untuk tidak golput,” pungkasnya. [adg/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar