Pendidikan & Kesehatan

Mimpi Masa Depan Banyuwangi Pasca Abdullah Azwar Anas

Banyuwangi (beritajatim.com) – Kemajuan pembangunan di Banyuwangi harus bisa berkesinambungan pasca kepemimpinan Abdullah Azwar Anas. Mulai dari pemberdayaan masyarakat, pariwisata dan pendidikan.

Ketua Presidium Cabang Alumni IPNU Banyuwangi M. Arif Fauzi menyebutkan, sejumlah inovasi muncul selama Banyuwangi dipimpin Anas. Di bidang pariwisata, image branding Banyuwangi kini sudah dikenal dunia. Hal ini tidak lain juga karena didukung infrastruktur perhubungan yang memadai mulai dari laut darat dan penerbangan.

“Sekarang mau ke Banyuwangi lewat mana saja bisa,” ucapnya saat diskusi Majelis Alumni Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama Banyuwangi, Selasa (28/1/2020).

Selanjutnya, kata Arif, Anas juga melakukan gebrakan di bidang pendidikan melalui program Banyuwangi cerdas. Prigram ini bisa memacu percepatan pendidikan, terutama di kalangan keluarga pra sejahtera. Selain itu, juga ada inovasi di bidang peningkatan sumber daya manusia, terutama generasi muda juga cukup menarik.

Selain menyiapkan masa depan anak-anak Banyuwangi, tentu hal ini menyiapkan masa depan Banyuwangi. “Kalau masyarakat mengenal Indonesia mengajar, kita punya Banyuwangi mengajar,” terangnya.

Meski demikian, lanjut Arif, saat ini muncul nada kebanggaan bercampur pesimistis di kalangan masyarakat. Bahkan, seolah-olah capaian ini akan sulit diteruskan oleh pemimpin berikutnya. “Jika ukuran yang diharapkan masyarakat Banyuwangi seperti ini, maka pemimpin ke depan harus memiliki sumber daya yang lebih dari Mas Anas selaku peletak dasar pembangunan di Banyuwangi,” ujarnya.

Arif menyebut, warisan pembangunan yang sesuai dengan kearifan Banyuwangi harus ditingkatkan, jika ada persoalan yang masih kurang harus dibenahi. “Soal Bupati kedepan bukan hanya seperti Mas Anas, tapi harus lebih baik lagi,” pungkasnya. (rin/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar