Pendidikan & Kesehatan

Militer Turut Tangani WNI dari Wuhan

Surabaya (beritajatim.com) – Sebanyak 243 Warga Negara Indonesia (WNI) yang sempat tertahan di Wuhan Hubei China karena merebaknya virus corona telah tiba di Kepulauan Riau tepatnya di Natuna, Minggu (2/2/2020).

Tim penjemputan terdiri dari 42 orang dari Kementerian Kesehatan, Kementerian Luar Negeri, Tentara Nasional Indonesia (TNI), dan Kru maskapai Batik Air. Serangkaian pemeriksaan kesehatan dilakukan untuk memastikan bahwa WNI dalam kondisi sehat.

WNI yang berada di luar Wuhan sudah bergerak ke Wuhan sebagai titik penjemputan. Jumlah WNI yang akan kembali ke Indonesia berjumlah 245 orang ditambah 5 orang kru dari Indonesia yang ada di sana sebelum tim penjemputan berangkat.

Menteri Kesehatan RI dr Terawan Agus Putranto mengatakan WNI yang pulang sudah dilakukan skrining dan dipastikan sehat. Sementara, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memfasilitasi proses pemulangan dengan memberikan sarana untuk mendukung protokol kesehatan. Salah satunya pangkalan militer di Natuna.

“Kita memiliki tempat isolasi yang jauh dari penduduk dangan wilayah di Natuna. Di sana adalah pangkalan militer yang memiliki RS,” katanya. Pangkalan tersebut mampu menampung 300 orang. Jarak ke rumah penduduk sekitar 5 hingga 6 km.

Pagi hari tadi sekitar pukul 1 mereka telah tiba di Pangkalan militer Natuna dalam pemeriksaan terakhir seperti yang dinyatakan oleh Tim Dokter TNI, ke-243 WNI ini dalam Kondisi sehat.

“Mereka tiba dalam keadaan sehat. Tidak sakit. Tiba langsung dilakukan pemeriksaan kesehatan dan pelepasan APD (alat pelindung diri). Semua persiapan selama karantina telah disiapkan oleh militer,” ungkapnya kepada beritajatim.com, Minggu (2/2/2020). [adg/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar