Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Metode Kubaca, Cara Cepat dan Menyenangkan Ajari Anak Membaca

Pelatihan metode Kubaca pada Bunda PAUD di Balai Pertemuan Padimas Resto di Randugede, Plaosan, Magetan, Selasa (14/12/2021) (foto: Diana Sasa)

Magetan (beritajatim.com) – Ada metode efektif untuk mengajari anak agar cepat bisa membaca. Terlebih, metodenya menyenangkan dan membangkitkan minat literasi anak. Bunda PAUD Magetan mendapatkan pelatihan tersebut langsung dari penemu metode Kubaca, Diah Litasari. Metode Kubaca dianggap manjur untuk membuat anak lebih cepat belajar membaca sekaligus menumbuhkan minat baca.

Bertempat di balai pertemuan Padimas Resto di Randugede, Plaosan, Magetan, pendamping belajar pada pendidikan anak usia dini itu terlihat antusias. Suasana latihan pada Selasa (14/12/2021) siang terlihat riuh oleh suara tawa seratus orang Bunda PAUD yang asyik praktik mainan anak sambil memegang satu kata di tangan.

Bunda PAUD juga senantiasa mengikuti arahan Diah Litasari, penemu metode Kubaca. Lita mengatakan, pengalaman membaca awal yang diberikan secara tepat dan menyenangkan itu sangat penting bagi anak. Pasalnya, melalui proses yang tepat dan menyenangkan inilah anak tidak hanya akan bisa membaca tetapi juga senang membaca.


“Metode ini memungkinkan proses belajar membaca menjadi sebuah pengalaman yang bermakna dan menyenangkan bagi anak. Dan yang terpenting, menumbuhkan minat baca yang sehat. Keunggulan metode Kubaca terletak pada sistem membaca kata secara utuh dengan pilihan kata yang tepat atau corpus linguistic sesuai dengan perkembangan pemerolehan bahasa anak sebagai pembaca pemula,” kata Lita, Selasa (14/12/2021).

Diana Sasa, aktivis literasi sekaligus direktur Yayasan Dbuku Magetan mengatakan bahwa perlu menumbuhkan rasa suka dari anak-anak untuk membaca sejak usia dini. Acara training of trainer itu memang menyasar bunda PAUD di Magetan untuk melatih anak didiknya memiliki kemampuan membaca.

“Ini bukan pemaksaan pada anak. Karena dilakukan dengan gembira. Menurut saya, semakin cepat anak bisa membaca, akan semakin baik menumbuhkan minat bacanya. Minat baca yang tumbuh sejak dini tentu sangat bagus untuk menumbuhkan gairah membaca lebih banyak,” ujar anggota Fraksi PDI Perjuangan di DPRD Jatim itu.

Diana menargetkan kalau pelatihan serupa bakal digelar dan dia menargetkan sekitar 300 Bunda PAUD di masing-masing PAUD bisa turut serta. Sehingga, bisa mengembangkan dengan bunda PAUD yang lain atau bahkan pada orang tua. “Saya yakin target ini bisa terpenuhi dalam tiga bulan,” ungkap inisiator acara tersebut.

Pelatihan itu disambut baik oleh Romlah, Ketua Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini (Himpaudi) Kabupaten Magetan. Dia mengaku senang mendapat pelatihan tersebut. Lantaran, bunda PAUD tak hanya diberikan ilmu tapi juga dapat modul dan sertifikat.

“Saya pribadi sangat senang mendapat ilmu yang Kubaca ini. Masih baru bagi kami. Bu Diana sering-sering ya menggelar acara seperti ini. Sangat bermanfaat bagi masyarakat,” ujar Romlah. [fiq/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Shin Tae Yong Puji Rumput Lapangan Thor Surabaya

Menjajal Mobil Listrik Wuling Air ev