Pendidikan & Kesehatan

Meski dari Rumah, Mahasiswa IKOM UK Petra Juara 1 Virtual Music Competition

Dari Kiri-Kanan: Albert, Elizabeth, Gladsys

Surabaya (beritajatim.com) – Meski DRS alias Di Rumah Saja, hal ini tak membatasi kreatifitas. Seperti yang dilakukan tiga mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi UK Petra yang berhasil merebut juara 1 dalam kategori seni bernama Virtual Music Competition Akustik. Kompetisi ini digelar oleh Universitas Negeri Yogyakarta dengan tema Post-COVID-19 National Recovery through Education, Business, Sports and Arts.

Mereka adalah Albert Leon Suciadi, Elizabeth Medwinita Danielle dan Gladys Graciella Lodry. Maju dengan grup bernama Gen-Q, mereka semuanya merupakan angkatan 2018. Pemilihan nama Gen-Q ini mengambil kepanjangan dari Generasi Q atau gedung Q tempat mereka menimba ilmu di prodi Ikom UK Petra.

“Kami memutuskan menampilkan lagu berjudul ‘Dari Mata’. Ketentuannya harus lagu Indonesia. Diskusi yang cukup alot, kami butuh waktu sekitar 1 minggu. Kami merasakan kesulitan saat membuat aransemen musiknya agar tidak sama persis dengan lagu aslinya dan pemecahan suaranya,” urai Eizabeth saat dihubungi melalui whatsapp.

Jarak yang memisahkan karena masa pandemi, membuat proses lomba ini dirasakan sangat membekas prosesnya. Mereka mengerjakan menggunakan alat-alat seadanya yang ada dirumah. Misalnya seperti menggunakan handphone, headset dan alat musik pribadi.

Albert bertugas sebagai pemain musik mulai dari gitar, maracas, pianika, suara ‘jentik jari’ hingga suara bongo dengan ‘memukul bagian belakang gitar’. Sedangkan Elizabeth dan Gladys bertugas menyanyi.

“Kami masing-masing merekam aktifitas kami sesuai tugas kami, kemudian kami edit. Setelah itu kami melakukan render untuk menjadi satu video berdurasi 4 menit 38 detik kemudian diupload di youtube. Jadi kami tidak menggunakan studio khusus hanya menggunakan apa yang ada di sekitar kita,” tambah Gladys.

“Kaget dan tidak menyangka akan menjadi juara pertama. Dengan adanya prestasi ini walaupun berada di rumah saja, menunjukkan bahwa anak muda mampu menghasilkan karya yang berkualitas. Jadikan masa ini sebuah tantangan,” ungkap mereka bertiga secara kompak. Dengan prestasi ini, mereka berhak atas uang tunai dan e-sertifikat. [kun]

[yotuwp type=”videos” id=”RIIOqzcBpIM” ]





Apa Reaksi Anda?

Komentar