Pendidikan & Kesehatan

Covid 19 Bisa Tuntas

Menkopolhukam di Probolinggo: Ayo Pakai Masker, Jaga Jarak dan Cuci Tangan

Probolinggo (beritajatim.com) –  Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD mengingatkan masyarakat untuk terus mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Pernyataan itu disampaikam Mahfud saat hadir di Pendopo Kabupaten Probolinggo, menyambangi sejumlah ulama wilayah tapal kuda, Sabtu (3/10/2020).

“Bahwa Covid-19 itu ada dua cara menyelesaikannya. Pertama patuhi protokol kesehatan, kedua perbanyak doa karena itu membangun ketenangan. Adapun vaksin alami yakni protokol kesehatan pertama pakai masker, kedua cuci tangan ketiga jaga jarak,” katanya.

Mahfud menambahkan, sejauh ini tingkat kepercayaan masyarakat pada pandemi Covid-19, makin menipis. Di Jakarta, 30 persen masyarakat mengaku tidak percaya pada pandemi ini. Sedangkan skala nasional, 17 persen masyarakat Indonesia tidak percaya pandemi Covid-19.

“Akibatnya apa, di Jakarta penderita makin melonjak. Skala nasional pun jatuh korban ribuan orang. Ini masalah serius yang harus kita hadapi, bukan saatnya menganggap enteng pandemi Covid-19 ini,” imbuhnya.

Sementara, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak, yang ikut mendampingi lawatan tersebut menyatakan,  dalam hal penanganan Covid-19, Pemprov Jatim senantiasa ingin berjalan senafas dan seiring dengan para ulama. Apalagi saat ini selain masih adanya pandemi Covid-19, tapi juga terjadi pandemi informasi.

Menurutnya pandemi informasi ini muncul karena dengan bebasnya media sosial, berbagai macam teori yang keluar dari berbagai pihak dapat memberikan kebingungan di tengah masyarakat.

“Tentunya pemerintah akan berupaya memberikan informasi yang benar-benar ilmiah dan obyektif untuk menjadi panduan, tentunya dengan restu dari para Kyai dan para ulama,” katanya.

Saat ini, lanjutnya, secara berangsur-angsur pemerintah terus berupaya mengembalikan kegiatan-kegiatan keagamaan agar kembali dapat dilaksanakan di rumah-rumah ibadah.

Dirinya berharap, ini dapat menjadi contoh bahwa kesehatan bisa diterapkan dalam kegiatan ibadah, namun ada kalanya bahwa kegiatan dengan skala tertentu masih memerlukan perhatian serius terutama terkait protokol kesehatan.

Pihaknya, lanjut Emil, senantiasa siap berkoordinasi dengan sebaik mungkin termasuk dalam penanganan Covid-19. Ditambah Gubernur Jatim saat ini terus berkeliling untuk memastikan kesadaran protokol kesehatan dengan membagikan masker. Selain itu juga dilakukan berbagai upaya untuk menjaga stabilitas ekonomi melalui program seperti dana bergulir, penyaluran Bansos dari pemerintah pusat, dll.

“Tentunya kami terus berupaya untuk menjaga baik stabilitas kesehatan dan juga stabilitas ekonomi,” tutup Emil. (eko/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar