Pendidikan & Kesehatan

Menko PMK Siapkan Pulau Galang untuk Karantina Virus Corona

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy.

Malang(beritajatim.com) – Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy mengungkapkan Pemerintah menyiapkan Pulau Galang di Kepulauan Batam sebagai pulau ketiga atau pulau cadangan untuk penanganan virus corona atau covid-19.

Sebelumnya, Pulau Natuna dan Pulau Sebaru telah dijadikan pulau karantina virus corona oleh pemerintah RI. Sementara Pulau Galang merupakan pulau eks penampungan Vietnam. Dimana sejumlah fasilitas telah dibangun, pemerintah melakukan revitalisasi bangunan.

“Di Pulau Galang kita siapkan dan itu bukan kita bangun itu tinggal rehab saja. Pulau Galang kami siapkan untuk proses evakuasi, observasi dan karantina. Untuk mengantisipasi kalau memang terjadi suasana yang tidak diinginkan,” kata Muhadjir di Malang.

Muhadjir mengatakan, daya tampung Pulau Galang lebih besar ketimbang dua pulau sebelumnya. Dia mengungkapkan, sesuai perintah Presiden RI Joko Widodo. Pulau Galang harus siap menjadi tempat karantina dua pekan kedepan sejak diputuskan.

“Ya kita ingin maksimal, daya tampung lebih banyak dari Natuna dan Sebaru. Presiden minta dua Minggu kedepan sudah siap. Presiden sudah memerintah Panglima TNI untuk menyiakan Pulau Galang. Ini suasana yang tidak kita inginkan,” tandasnya. (luc/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar