Pendidikan & Kesehatan

Menko Airlangga: Virus Corona di Wuhan Bisa Berdampak Global Value Chain Indonesia

Surabaya (beritajatim.com) – Virus Corona dari Wuhan China telah mengakibatkan kegemparan, ketakutan dan ketidakpastian. Tidak hanya pada sektor kesehatan dan pertahanan negara, tetapi juga pada sektor ekonomi.

Menteri Perekonomian Airlangga Hartanto, saat mengunjungi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Airlangga (Unair) Surabaya untuk memberikan kuliah umum, mengatakan bahwa Wuhan merupakan daerah produsen onderdil atau suku cadang kendaraan bermotor. Selama ini pun, Indonesia telah menjadi langganan impor onderdil dari Wuhan.

Dengan merebaknya virus corona yang menyebabkan Kota Wuhan menjadi lumpuh, Menko Airlangga mengatakan bahwa hal tersebut mampu mempengaruhi global value chain Indonesia. “Ya kan Wuhan tempatnya onderdil, tentunya akan berdampak pada global value chain kita,” ujar Menko Airlangga, Kamis (30/1/2020).

Ditanya lebih lanjut dampak pada sektor ekspor impor, Menko Airlangga mengatakan bahwa ekomoni bergantung pada faktor ketidakpastian. Oleh karenanya, dampak ekonomi secara meluas masih dipelajari dan diperhatikan. “Yang pasti kita jaga supplay chain dan pasar,” tukasnya. [adg/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar