Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Menkes Sebut Pelonggaran Penggunaan Masker Transisi Menuju Endemi

Konferensi pers Menkes Budi dalam siaran YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (17/5/2022).

Jakarta (beritajatim.com) – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menjelaskan, keputusan pemerintah melonggarkan pemakaian masker menjadi bagian dari program transisi dari pandemi Covid-19 menjadi endemi di Indonesia.

Selain itu, pelaku perjalanan dalam negeri atau luar negeri yang sudah divaksinasi lengkap tidak perlu tes PCR atau antigen. “Ini adalah dua keputusan penting yang merupakan langkah awal untuk transisi dari pandemi menuju endemi,” kata Menkes Budi dalam siaran YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (17/5/2022).

Menkes menambahkan, relaksasi ini akan dilakukan secara bertahap sesuai dengan kondisi yang ada. Sebab, mungkin masyarakat akan tinggal bersama virus COVID-19 sampai 15 tahun lagi. “Yang secara bertahap akan membuat hidup kembali normal. Nanti kita lihat ke depannya kondisi penularan kasus COVID-19 makin lama makin terkendali. Yang masuk rumah sakitnya makin lama makin sedikit,” katanya.

Menkes memastikan, transisi tersebut berdasarkan data saintifik. Dia mengungkapkan, 93 persen masyarakat Jawa dan Bali telah terbentuk antibodi yang berasal dari infeksi atau vaksinasi berdasarkan survei yang dilakukan Kemenkes pada Desember 2021. Kemudian dilakukan survei lagi dan naik dari 93 menjadi 99,2 persen (Maret 2022).

Tidak hanya jumlah masyarakat yng memiliki antobodi lebih banyak, tetapi kadar antibodi yang lebih tinggi. Pada Desember 2021, disebutkan rata-rata kadar antibodi mencapai 500–600. Kemudian, pada Maret 2021 kadar tersebut meningkat hingga 7.000–8.000.

Kemudian ada kenaikan kasus Covid-19 karena adanya varian baru, salah satunya saat ini yang menyebar adalah varian BA.2. Namun, yang menarik adalah di Indonesia dan India tidak mengalami lonjakan kasus seperti beberapa negara lain.

Menkes juga menekankan, selain data sains, yang juga penting adalah tanggung jawab dari masyarakat. “Transisi itu terjadi saat masyarakat sadar bagaimana protokol hidup sehat di dirinya dan keluarga,” ujar Menkes. [hen/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar