Pendidikan & Kesehatan

Menjawab Kritikan Masyarakat Lewat Program Guru Sambang

Lumajang (beritajatim.com) – Bupati Lumajang Thoriqul Haq dan Wabup Indah Amperawati Masdar melakukan pemantauan langsung dan sosialisasi pentingnya guru sambang di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Pendidikan Kecamatan Padang di SDN 01 Desa Kalisemut, Selasa (28/7/2020). Dua pemimpin kota pisang ini juga meninjau pelaksanaan program guru sambang ke kelompok belajar siswa.

Cak Thoriq, sapaan akrab Thoriqul Haq, mengatakan, program guru sambang ini merupakan salah satu jalan untuk pelayanan pendidikan bagi anak-anak selama pandemi. Pasalnya, sudah tiga bulan lebih tidak ada kegiatan proses belajar mengajar di sekolah. “Guru Sambang ini bagian menjawab kritik masyarakat Lumajang terhadap pelayanan pendidikan,” kata Cak Thoriq.

Guru Sambang ini sebagai langkah guru mendatangi siswa yang belajar kelompok melalui tugas diberikan secara online. Kemudian guru mendampingi dengan mengecek, apakah siswa ada kesulitan saat belajar kelompok.

Indah Amperawati Masdar atau Bunda Indah mengatakan, guru sambang harus bisa menerima kritikan masyarakat, khususnya wali murid. Karena kritikan adalah salah satu koreksi dan pembelajaran efektif selama pandemi. “Pokoknya bapak dan ibu guru sabar ya, kalau ada kritikan di masyarakat,” ungkapnya.

Selama pelaksaan program Guru Sambang, bupati dan wabup berhaarap para orang tua tidak melakukan kekerasan dan marah pada anaknya. Pasalnya, proses belajar mengajar di masa pandemi harus gembira dan bahagia. “Saya mohon bapak dan ibu jangan marah-marah ya, mereka generasi penerus bangsa ini,” pungkas Bunda Indah. [har/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar