Pendidikan & Kesehatan

Menipis, Stok APD di RSUD Jombang Hanya untuk 2 Minggu

foto/ilustrasi

Jombang (beritajatim.com) – Meski ditunjuk sebagai rumah sakit rujukan dalam penanganan virus corona (Covid-19) di Jatim, namun RSUD Jombang harus berhemat soal penggunaan APD (alat pelindung diri). Pasalnya, stok APD yang dimiliki rumah sakit pelat merah ini semakin menipis, yakni hanya cukup untuk 2 hingga 3 Minggu ke depan.

“Alhamdulillah, kita kemarin mendapat bantuan APD dari Gubernur Jatim maupun Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi. Namun demikian, ketersediaan itu belum bisa memenuhi kebutuhan secara keseluruhan. Kami juga berusaha order kemana-mana,” kata Direktur RSUD Jombang dr Pudji Umbaran usai mengikuti teleconference dengan Gubernur Khofifah Indar Parawansa di kantor Pemkab Jombang, Jumat (28/3/2020).

Pudji menjelaskan, ketersediaan APD tersebut sangat penting bagi tenaga medis. Sementara stok APD di RSUD Jombang hanya cukup untuk dua hingga tiga Minggu ke depan. Untuk menyiasati itu, lanjut Pudji, pihaknya juga memproduksi APD secara internal.

Berapa kebutuhan APD di RSUD Jombang dalam sehari? Pudji tidak merinci secara detail. Dia hanya mengatakan bahwa kebutuhan sehari untuk saat ini, tentu berbeda dengan sehari pada saat belum ada virus corona. Karena pihak rumah sakit berusaha melindungi semua tenaga kesehatan. Mulai dari poli klinis, IGD (Instalasi Gawat Darurat), hingga ruang rawat inap.

Pudji menjelaskan, yang dimaksud APD adalah perlengkapan untuk pelayanan atau disebut caver all. “Yang seperti pakaian astronot. Itu sudah lengkap. Kalau dulu harganya Rp 500 ribu satu set. Kalau sekarang mungkin lebih,” kata Pudji.

Sementara itu, berdasarkan data dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Jombang yang diunggah lewat website pada Jumat (27/3/2020) pukul 14.00 WIB, belum ada pergeseran yang signifikan. Jumlah ODR (orang dalam risiko) 372 orang, kemudian ODP (orang dalam pemantauan) sebanyak 88 orang, sedangkan PDP (pasien dalam pengawasan) 3 orang, serta positif Covid-19 nihil atau nol. [suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar