Pendidikan & Kesehatan

Meninggal, Pasien Covid-19 Dapat Santunan Rp 15 Juta

Gresik (beritajatim.com) – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Gresik memastikan pasien positif Covid-19 yang meninggal mendapat santunan Rp 15 juta. Sampai saat ini, berdasarkan catatan Satgas Covid-19 Gresik, ada 165 pasien yang dinyatakan meninggal. Kemudian pasien dalam status probrable yang meninggal sebanyak 94 orang.

Kepala Dinsos Gresik Sentot Supriyohadi menuturkan, terkait dengan ini pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes). Sebab, instansinya membutuhkan data terkait pasien by name by address agar anggaran penyaluran santunan bisa terserap maksimal.

“Dalam rapat dengan Kemensos, hanya pasien meninggal dengan status konfirmasi positif yang mendapat santunan ini. Sedangkan pasien meninggal dengan status suspect maupun probable tidak berhak mendapat santunan,” tuturnya, Rabu (26/8/2020).

Masih menurut Sentot, untuk mengklaim santunan itu, keluarga harus melampirkan surat yang menyatakan meninggal konfirmasi positif dari rumah sakit. “Sebelum menerima santunan pihak keluarga wajib melampirkan surat keterangan konfirmasi positif dari rumah sakit,” paparnya.

Ia menambahkan, santunan itu tidak berhenti pada jumlah pasien meninggal per hari ini. Penyaluran santunan itu dilaksanakan secara bertahap. Apabila dikemudian hari ada pasien meninggal karena covid, pihaknya akan mengusulkan kembali. “Pencairannya bertahap. Kalau ada tambahan ya kita usulkan lagi ke provinsi untuk pencairan berikutnya,” imbuhnya.

Sementara, data update kasus Covid-19 per 26 Agustus 2020, pasien yang terkonfirmasi positif ada 2.546 orang. Sementara yang telah menjalani perawatan medis 1.945 orang. Sedangkan pasien yang menjalani isolasi mandiri ada 427 orang. [dny/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar