Pendidikan & Kesehatan

Mendikbud Targetkan Tahun Ini Gaji Guru Honorer Sesuai UMR

Malang (beritajatim.com) – Guru honorer bakal mendapat gaji sesuai upah minimum regional (UMR) daerah masing-masing mulai tahun 2019 ini. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, mengaku telah bertemu dengan tim dari Kementerian Keuangan.

“Sudah kita sampaikan, kepada bu Sri Mulyani (Menkeu) sekarang sedang dalam tahap pematangan saja,” kata Muhadjir di Malang, Selasa, (5/2/2019).

Muhadjir mengatakan, gaji sesuai UMR bakal berlaku bagi seluruh guru honorer di Indonesia. Gaji guru honorer bakal diambil dari Dana Alokasi Umum (DAU) bukan dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). “Diharapkan mulai 2019 ini. Diambil dari Dana Alokasi Umum (DAU) sehingga tidak dibebankan kepada APBD,” ucap Muhadjir.

Muhadjir menyebut, dana APBD bisa digunakan untuk memberi insentif atau bonus kepada guru honorer. Sehingga guru honorer justru akan mendapat gaji diatas UMR. Sebab, UMR diambil dari DAU. “Gaji UMR itu untuk semua guru honorer yang belum terangkat di jalur PNS maupun PPPK. Untuk menjamin kalau gaji sesuai UMR ya dari DAU, APBD bisa digunakan untuk tambahan,” tandasnya. (luc/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar