Pendidikan & Kesehatan

Mendikbud Pastikan SMA/SMK Sama Baiknya

Malang(beritajatim.com) – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, meninjau tiga sekolah ternama di Kota Malang. Tiga sekolah itu adalah SMAN 1, SMAN 3 dan SMAN 4 di Jalan Tugu, Kota Malang, Senin, (4/2/2019).

Muhadjir mengatakan, tujuan utama meninjau tiga SMA adalah melihat kondisi sekolah. Ia ingin memastikan pemerintah tak mengabaikan SMA. Menurutnya, SMA dan SMK sama baiknya.

“Sebenarnya SMA/SMK sama saja kita perhatikan. Walaupun memang ada program Impres nomor 9 tahun 2016 tentang revitalisasi SMK bukan berarti anak SMA tidak disiapkan dengan baik, sama-sama disiapkan dengan baik,” kata Muhadjir.

Muhadjir mengatakan ingin melihat beberapa SMA di Malang yang memiliki reputasi. Tujuannya, sebagai perbandingan dengan sekolah lainnya. Menurutnya, sekolah-sekolah di Malang cukup bagus.

“Saya lihat bagus sekali, bangunan baik penyelenggaraan kurikulum misalnya moving class. Jadi anak-anak pindah dari ruang satu, ke ruang berikutnya. Sehingga bukan gurunya yang datang tapi muridnya, itu bagus ada pendekatan pembelajaran dan strategi pembelajaran yang dikembangkan di sekolah ini,” papar Muhadjir.

Menurut Muhadjir, program-program sekolah di Kota Malang bakal ditularkan ke daerah-daerah lainnya. Selain itu, kedepan tenaga pengajar atau guru diwajibkan mengajar di sekolah lain agar menambah pengalaman sebagai tenaga pengajar.

“Itu perlu ditularkan termasuk ada program rotasi jadi guru-guru tidak boleh mengajar hanya di satu sekolah. Tapi juga harus punya pengalaman mengajar di sekolah lain. Jadi bergerak tidak boleh ada guru yang sejak awal sampai pensiun di satu sekolah jadi ada program itu,” tandasnya. (luc/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar