Pendidikan & Kesehatan

Mendagri: Petahana Tak Serius Tangani Covid-19, Jangan Dipilih

Mendagri Tito Karnavian.

Malang (beritajatim.com) – Mendagri Tito Karnavian membagikan 26 juta masker kepada warga Jawa Timur. Dia menekankan, kepala daerah harus serius dalam penanganan Covid-19. Sebab, hingga saat ini pandemi Covid-19 belum berakhir.

Bahkan Tito menyarankan warga untuk tidak memilih kembali calon kepala daerah yang kembali maju di Pilkada serentak mendatang bila tidak serius menangani Covid-19. Menurutnya itu pilihan rasional karena dalam penanganan Covid-19 nyawa warga menjadi taruhannya.

“Kalau yang lagi ikut Pemilu, kalau tidak serius (penanganan COVID-19) tidak usah dipilih. Gitu aja,” ujar Tito, Jumat, (7/8/2020).

Tito mengatakan, bagi kepala daerah yang kurang serius dalam penanganan Covid-19 masyarakat berhak memberikan sanksi sosial. Sementara, Mendagri akan memberikan garis panduan penanganan Covid-19. Panduan ini akan dicantumkan dalam Permendagri.

“Ya masyarakat saja yang memberikan sanksi sosial kepada yang bersangkutan. Kalau kami nanti akan memberikan guide line (garis panduan) kepada mereka,” kata Tito.

Sementara itu, untuk kepala daerah yang dianggap abai dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Dirinya tidak segan untuk memberikan teguran hingga sanksi kepada kepala daerah yang dianggap bandel dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

“Kalau berkali-kali tidak memberikan contoh, kita tegur nanti,” tandasnya. [luc/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar