Pendidikan & Kesehatan

Mendagri Ajak Mahasiswa UWKS Tidak Golput

Surabaya (beritajatim.com) – Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, mengajak mahasiswa untuk ikut berpartisipasi menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu 2019. Hal itu ia sampaikan ketika mengisi kuliah umum di Universitas Wijaya Kusuma Surabaya (UWKS), Jl Dukuh Kupang, Surabaya, Selasa (2/4/2019).

Menteri yang juga politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini mengatakan, mahasiswa tidak boleh golput karena merupakan orang terdidik yang harus ikut membawa arah bangsa menjadi lebih baik. Apalagi, mahasiswa memiliki kepekaan dan pemikiran murni tanpa kepentingan, selain kepentingan bangsa.

“Saya kira mahasiswa dengan ilmunya sebagai masyarakat terdidik harus ikut. Mahasiswa adalah elemen masyarakat, ada disiplin ilmunya supaya mampu menggerakan dan mengorganisir sesama mahasiwa untuk berpartisipasi dalam politik secara demokratis dan sehat,” katanya.

Selain menggunakan hak suaranya, Tjahjo mengatakan, peran mahasiswa juga penting dalam menjaga jalannya proses Pemilu hingga usai agar tercipta hasil yang baik, serta menjadi pembelajaran politik.

“Saya kira peran mahasiswa penting, disamping menggunakan hak pilihnya sesuai hati nurani tapi juga mahasiswa harus ikut terlibat dengan ikut mengontrol dan mengawasi. Syukur bisa hadir saat penghitungan di TPS dan ikut menjaga¬†serta mengawasi,” katanya.

Karena itu, ia berharap agar mahasiswa ikut dalam momen tersebut. Sehingga apa yang diimpikan dapat dicapai melalui pilihannya. Tjahjo pun menjamin keamanan para pemilih untuk mendukung siapapun, dengan catatan seluruh peserta juga menjaga kondusifitas. [adg/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar