Pendidikan & Kesehatan

Melanggar Prokes di Wilayah Gresik Langsung Rapid Test Antigen

Gresik (beritajatim.com) – Ini peringatan bagi masyarakat Gresik yang abai, atau melanggar protokol kesehatan (Prokes) saat pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berlaku. Tidak tanggung-tanggung bagi masyarakat yang melanggar bakal langsung dirapid test antigen. Langkah ini diambil guna memberikan efek jera.

Untuk itu, petugas gabungan selama PPKM berlaku yakni Polres Gresik, Kodim 0817 dan Dinas Satpol PP Gresik, dan Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik akan meningkatkan kegiatan Operasi Yustisi, testing dan tracing.

Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto, menuturkan, sasaran operasj yustisi selain yang melanggar di jalan juga mengarah ke kerumunan masyarakat.

“Apabila ditemukan kerumunan yang mengabaikan prokes akan langsung dilakukan rapid test antigen. Dinkes Gresik telah menyiapkan 5.000 rapid test antigen yang akurasi tinggi dalam mendeteksi seseorang terpapar Covid-19 atau tidak,” tuturnya, Kamis (14/01/2021).

Ia menambahkan, terkait dengan ini petugas gabungan satgas penanganan Covid-19 Kabupaten Gresik akan menindak tegas terhadap pelanggar protokol kesehatan. Baik perorangan, pelaku usaha maupun perusahaan yang terbukti melanggar, atau mengabaikan protokol Kesehatan.

“Kita bersama Polri, TNI Satpol PP dan tim kesehatan akan melakukan penertiban prokes rutin kepada masyarakat, jika nanti ada masyarakat yang kedapatan tidak disiplin menerapkan prokes covid-19 seperti tidak memakai masker, maka akan kita lakukan rapid test antigen di lokasi,” imbuhnya.

Alumni Akpol 2001 itu juga menghimbau seluruh masyarakat Gresik tetap mematuhi protokol kesehatan, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas.

“Meski vaksin sinovac sudah datang, kita tetap tidak boleh abai terhadap virus Covid-19. Prokes tetap dikedepankan. Sebab, hal ini salah satu cara yang ampuh menangkal Covid-19,” pungkas Arief. (dny/ted)



Apa Reaksi Anda?

Komentar