Pendidikan & Kesehatan

Mau Terapkan New Normal, Kasus Positif Covid-19 di Gresik Terus Naik

Foto ilustrasi virus Corona

Gresik (beritajatim.com) – Pasien positif Covid-19 di wilayah Gresik terus mengalami kenaikan. Padahal dalam waktu dekat akan memberlakukan new normal. Data Satgas Penanganan Covid-19 menyebutkan, ada 193 orang yang terpapar positif.

Tambahan 10 orang itu dari semula 183 orang, berasal dari beberapa desa. Di antaranya Desa Manyarejo dan Sidorukun, Kecamatan Manyar. Selanjutnya, Desa Singosari dan Kembangan, Kecamatan Kebomas. Tiga orang asal Desa Pelem Watu, Kecamatan Menganti, dan satu orang asal Desa Pengalangan. Desa Banjarsari, Kecamatan Cerme dan Desa Sumput, Kecamatan Driyorejo.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Gresik, drg Syaifuddin Ghozali menuturkan, meski ada tambahan, ada 5 orang yang sudah dinyatakan sembuh. Mereka tiga orang asal Kecamatan Menganti, dan satu orang asal Kebomas.

“Hasil dari foto thorax dan swab sebanyak dua kali kelima orang itu sudah sembuh,” tuturnya, Rabu (3/06/2020).

Sementara itu, secara terpisah pasien positif Covid-19 pertama di Pulau Bawean sempat melakukan kontak dengan saudara dan tetangga saat di Desa Sidogedungbatu, Kecamatan Sangkapura.

Kepala Desa Sidogedungbatu, Supar mengatakan, pasien positif pertama di Bawean itu tiba di Pulau Bawean menggunakan kapal laut sebelum Lebaran.

“Saat datang ke Bawean, tiba di Desa Sidogendungbatu tanpa pemberitahuan. Tidak ada perangkat desa yang tahu, sehingga baru tahu jika orang pasien tersebut terpapar positif,” katanya.

Ia menambahkan, pasien positif pertama itu adalah warga Gresik Kota. Dia ke Bawean ke rumah ibunya. Saat berangkat ke Bawean rapid test-nya reaktif. Kemudian dia berinisiatif melakukan tes swab di rumah sakit di Gresik.

“Saat periksa di Bawean hasil swab keluar. Hasilnya positif covid. Dia berangkat sendiri ke Rumah Sakit Umar Mas’ud naik sepeda motor,” imbuhnya.

Terkait dengan itu, Direktur RS Umar Mas’ud, Sangkapura, Bawean dr Tony S. Hartanto mengatakan saat ini pasien tersebut sedang dirawat di RS Umar Mas’ud.

“Kondisinya sekarang baik. Orangnya tidak ada gejala,” tandasnya. [dny/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar