Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Masyarakat Gresik Bisa Jadi Penyelenggara Vaksinasi, Ini Syaratnya

Gresik (beritajatim.com)- Vaksinasi di Kabupaten Gresik terus ditingkatkan. Langkah ini diambil untuk mempercepat herd immunity atau kekebalan kelompok. Sebagai tindak lanjutnya, sebanyak 136 vaksinator telah disiapkan, dan turut membuka peluang bagi masyarakat yang akan menjadi penyelenggara vaksinasi.

Koordinator Relawan Nakes Gresik Tangguh, dr Singgih Widi Pratomo menuturkan, selain vaksinasi di fasilitas kesehatan yang dikoordinatori Dinas Kesehatan, Puskesmas, Rumah Sakit dan tempat lain, pihaknya juga berencana ikut mempercepat target sasaran vaksinasi.

“Kami membuka secara umum bagi masyarakat umum yang bersedia menjadi tuan rumah vaksinasi, tapi ada beberapa syarat,” ujarnya, Minggu (26/9/2021).

Adapun syarat yang dimaksud, kata dr Singgih, masyarakat cukup mengisi formulir nama penyelenggara vaksinasi, lokasi, jumlah sasaran dan tanggal pelaksanaan. Nantinya, formulir itu dikirimkan ke kontak 081231878822. “Dari sejumlah persyaratan itu, nanti vaksin dan vaksinatornya dari kami,” tuturnya.

Ia menambahkan, untuk pengajuannya itu minimal ada 500 sasaran. Sedangkan sasaran maksimalnya tidak dibatasi. “Silahkan, RT atau RW atau kelompok organisasi bahkan nama pribadi bisa mengajukan asal minimal memiliki 500 sasaran,” imbuhnya.

Jika semua itu sesuai ekspetasi, kata Singgih, 136 vaksinator relawan nakes bisa melakukan vaksinasi sebanyak 13-15 ribu dosis per hari. “Saat ini sudah ada satu pendaftar. Yakni MTs Maarif Sidomukti, Kebomas, dengan 500 sasaran,” paparnya.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) Gresik, sekarang sudah 613.588 masyarakat Gresik berstatus tervaksinasi. Kalau dihitung sesuai jumlah penduduk sebanyak 1,01 juta jiwa maka masyarakat yang sudah divaksinasi mencapai 60 persen. [dny/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar