Pendidikan & Kesehatan

Bupati Pamekasan Perangi Penyebaran Covid-19

Masyarakat Diimbau Tahan Diri dan Tak Sebar Info Hoaks

Pamekasan (beritajatim.com) – Bupati Pamekasan, Badrut Tamam mengimbau masyarakat agar menahan diri dan tidak mudah menyebarkan informasi palsu alias hoaks seputar wabah virus corona alias Covid-19, karena dinilai sangat meresahkan masyarakat.

Bahkan dirinya mengaku kerap menerima pesan berantai melalui media sosial (medsos) pribadinya, khususnya seputar pasien terpapar corona di daerah yang dipimpinnya. “Ada beberapa chat hingga pesan suara yang kami terima, bahwa beberapa desa banyak yang terinfeksi virus corona,” kata Bupati Badrut Tamam, Rabu (25/3/2020).

“Jadi di kabupaten (Pamekasan) ini belum ada yang terpapar virus corona, hal ini berdasar laporan yang kami terima dari pihak rumah sakit maupun dokter yang menangani persoalan ini. Jadi informasi yang beredar seputar virus corona itu hoax,” tegasnya.

Lebih lanjut dijelaskan, sebanyak sebanyak 40 orang tercatat sebagai Orang Dalam Pantauan (ODP) Covid-19 dan satu di antaranya berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Pamekasan, per Selasa (24/3/2020) kemarin. Hanya saja hal tersebut dapat diketahui melalui uji laboratorium yang dilakukan dokter maupun pihak rumah sakit.

“Mengenai siapa yang tahu bahwa ada yang terpapar atau tidak, itu di bawah pantauan dokter ataupun pihak rumah sakit. Kami sebagai bupati tidak tahu, kecuali dokter atau tenaga medis yang mendapatkan sampel dari hasil laboratorium,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga menyampaikan sudah membentuk Tim Satuan Tugas (Satgas) Pencegahan Covid-19 dalam rangka pencegahan sekaligus pengawasan segala aktivitas masyarakat tang terindikasi maupun terinfeksi. “Tim Satgas ini terdiri dari Sekda, Direktur RSUD (dr Slamet Martodirdjo) Pamekasan, Dinas Kesehatan, BPBD hingga sejumlah instansi lainnya,” sambung Badrut.

Tidak hanya itu, pihaknya juga menyampaikan satu warga yang tercatat dalam status PDP dan meninggal di RSUD dr Slamet Martodirdjo Pamekasan, Jum’at (20/3/2020) lalu. Hasil tes swab memastikan negatif Covid-19. “Hasil lab pasien yang tercatat sebagai PDP Covid-19 di RSUD Pamekasan, negatif virus corona,” pungkasnya. [pin/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar