Pendidikan & Kesehatan

Masa Transisi New Normal, Pasien Covid-19 Sembuh di Kota Malang Meningkat

Jubir Satgas Covid-19 Kota Malang, Husnul Muarif.

Malang (beritajatim.com) – Kota Malang sedang memasuki masa transisi new normal selama 7 hari sejak Minggu, (31/5/2020) dan akan berakhir pada Sabtu, (6/62020) besok. Kabar baiknya jumlah pasien sembuh mengalami kenaikan. Dalam dua hari terakhir 5 pasien dinyatakan sembuh dari Covid-19.

Jubir Satgas Covid-19 Kota Malang, Husnul Muarif mengatakan, kelima pasien itu terdiri dari 2 tenaga kesehatan dan 3 warga sipil. Sesuai hasil uji swab terakhir yang dilakukan oleh Satgas Covid-19 Pemkot Malang kelimanya telah dinyatakan bebas dari virus menular itu.

“Mereka ada yang isolasi mandiri di rumah dan ada juga yang di rumah sakit. Untuk yang isolasi mandiri tertib dan menjalankan kaidah-kaidah protokol kesehatan. Yang di rumah sakit menjalani dengan disiplin juga hingga dinyatakan sembuh,” ujar Husnul Muarif, Jumat, (5/6/2020).

Husnul mengungkapkan, setelah dinyatakan sembuh kelima pasien sembuh itu masih diwajibkan untuk mengikuti protokol kesehatan. Diantaranya tetap menjaga jarak ketika berkomnikasi. Dilarang keluar rumah terlebih dahulu. Maksimal berjemur di teras rumah.

“Harus tetap menjaga jarak ketika berkomunikasi dengan anggota keluarga. Untuk sementara waktu tidak keluar rumah terlebih dahulu selama 14 hari. Jika hanya untuk berjemur di depan pintu tidak keluar pagar rumah itu tidak apa-apa. Asalkan jangan keluar rumah,” papar Husnul.

Sementara itu, data Covid-19 Kota Malang Per 4 Juni 2020, orang dengan resiko (ODR) 2.186 orang, orang tanpa gejala (OTG) 462 orang, orang dalam pemantauan (ODP) 920 orang, serta pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 260 orang. PDP yang meninggal dunia sebanyak 19 orang. Sementara dari 58 pasien positif 22 dinyatakan sembuh dan 33 masih dalam perawatan serta meninggal dunia 3 orang. (luc/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar